Amran Sulaiman Dua Kali Dilantik Menjadi Mentan

Rabu, 25 Oktober 2023 - 09:11 WIB
loading...
Amran Sulaiman Dua Kali Dilantik Menjadi Mentan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Foto/Raka Dwi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Tercatat, Andi Amran Sulaiman dua kali dilantik menjadi Mentan.

Kali ini, Amran menjadi Mentan menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 101P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan undang-undang dengan selurus-lurusnya,” demikian kutipan pengambilan sumpah yang dibacakan Jokowi yang diikuti Amran.

“Demi Dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” sambungnya.

Diketahui, Presiden Jokowi melantik Amran Sulaiman sebagai Mentan menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Presiden Jokowi telah menerima surat pengunduran diri dari SYL. Politikus Nasdem itupun telah menemui Presiden di Istana Merdeka pada Minggu (8/10/2023) malam.

SYL telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada kasus dugaan korupsi terkait promosi jabatan di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

SYL ditetapkan sebagai tersangka bersama dua orang lainnya. Kedua tersangka lainnya tersebut yakni, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan, Kasdi Subagyono (KS) serta Direktur Alat Mesin Pertanian, Muhammad Hatta (MH).

Hadir dalam pelantikan tersebut Menko Polhukam Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrachman, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)