Mahasiswa SIL UI Bangun RTH di Pemukiman Warga

Selasa, 24 Oktober 2023 - 16:10 WIB
loading...
Mahasiswa SIL UI Bangun RTH di Pemukiman Warga
Sejumlah mahasiswa Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL UI) membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (23/10/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Mengatasi urbanisasi yang terus meningkat di seluruh dunia, sejumlah mahasiswaSekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL UI) membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (23/10/2023). Kegiatan ini dilakukan lantaran kawasan Kalibaru yang memiliki kepadatan penduduk tinggi.

Di sisi lain, lahan di kawasan terbatas. Karena itulah, mereka telah mengambil inisiatif memanfaatkan ruang yang ada secara bersama-sama atau komunal.

Pimpinan kegiatan, Hayati Sari Hasibuan mengatakan, dipilihnya kawasan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara setelah pihaknya terlebih dahulu melakukan riset penataan ruang dan pembangunan berorientasi transit.

"Karena itulah kami memilih di RW 13 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing. Tujuannya adalah memberikan pengetahuan tentang pemanfaatan ruang terbatas sebagai ruang terbuka hijau, serta mengadakan workshop tentang cara menanam tanaman pangan yang dapat dimanfaatkan sehari-hari," kat Hayati dalam siaran pers dikutip, Selasa (24/10/2023).

Mahasiswa dan warga sekitar bahu-membahu membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH). Masyarakat sangat antusias terhadap kegiatan ini yang terlihat dengan banyaknya ibu, bapak, dan anak-anak ikut serta dalam acara tersebut.

Acara dimulai dengan penjelasan mengenai peran RTH pada lahan terbatas oleh alumni SIL UI Lina Nidaul Lathifah. Selanjutnya, ada workshop tentang cara menyemai benih, repotting, dan perawatan tanaman yang dipandu oleh mahasiswa dan alumni.

Ketua RW 13 Kalibaru, Sudirman mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas kegiatan ini. Ia mengakui RTH sangat dibutuhkan di wilayahnya.

"Kami berterima kasih kepada teman-teman dari SIL UI yang telah mau bertatap muka dan memberikan ilmu secara langsung kepada warga. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut di sini dan di tempat lain," katanya.

Sebagai bagian dari komitmen mereka untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), terutama dalam mencapai poin 11 tentang Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan, Klaster Riset Penataan Ruang dan Pembangunan Berorientasi Transit, SIL UI berjanji terus aktif berkontribusi bagi masyarakat dan lingkungan.

Dalam upaya menjaga lingkungan hidup dan membangun komunitas yang berkelanjutan, kegiatan ini adalah langkah positif yang akan memberikan manfaat jangka panjang bagi Kelurahan Kalibaru dan sekitarnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6146 seconds (0.1#10.140)