Pengertian Instrumental Pancasila dan Contohnya

Selasa, 24 Oktober 2023 - 10:24 WIB
loading...
Pengertian Instrumental Pancasila dan Contohnya
Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Instrumental Pancasila berperan penting dalam membentuk dan mengarahkan perilaku individu di kehidupan bermasyarakat. Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia, yang juga menjadi ideologi negara.

Konsep ini mencakup lima sila atau prinsip dasar yang membimbing tata nilai dan kebijakan pemerintah, serta mewujudkan cita-cita bangsa.

Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan pendekatan tertentu yang dikenal sebagai "Instrumental Pancasila". Berikut pengertian instrumental Pancasila dan peran pentingnya dalam membentuk karakter bangsa Indonesia.

Pengertian Instrumental Pancasila


Instrumental Pancasila adalah konsep yang merujuk pada penggunaan Pancasila sebagai alat atau sarana untuk mencapai tujuan tertentu dalam membangun negara dan masyarakat Indonesia.



Dalam hal ini, Pancasila bukan hanya sekadar ideologi, tetapi juga menjadi alat untuk mengarahkan pembangunan sosial, politik, ekonomi, serta menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi oleh bangsa Indonesia.

Pancasila merupakan kumpulan nilai-nilai inti yang mengarahkan perilaku masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila terdiri dari lima asas utama, masing-masing dengan makna dan tujuan yang khas.

Sebagai pijakan dasar negara Indonesia, Pancasila dijunjung tinggi sebagai panduan dalam pelaksanaan pemerintahan, hukum, serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila menjadi dasar dalam perumusan undang-undang, perumusan kebijakan pemerintah, dan tindakan yang diambil oleh warga negara Indonesia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)