Calon Jamaah Haji Diminta Waspadai Maag dan ISPA

Rabu, 23 Agustus 2017 - 21:27 WIB
Calon Jamaah Haji Diminta Waspadai Maag dan ISPA
Calon Jamaah Haji Diminta Waspadai Maag dan ISPA
A A A
SOLO - Calon jamaah haji (calhaj) diingatkan untuk selalu menjaga kesehatan di Tanah Suci. Kondisi tubuh yang kurang baik akan membuat tubuh calhaj rentan terhadap berbagai penyakit, di antaranya gangguan pencernaan, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), batuk, pilek, serta flu.

“Dalam dialog kali ini diangkat mengenai gangguan pencernaan atau lebih dikenal penyakit maag, dan ISPA,” ujar Usman, Koordinator Pelaksana Dialog Haji SINDO Weekly saat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (23/8/2017) siang.

Hal itu diungkapkan Usman saat acara Dialog Haji yang digelar SINDO Weekly bersama Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama.

Menurut dia, selama manasik haji sebenarnya para calhaj sudah dibekali berbagai pengetahuan, termasuk diantaranya mengenai kesehatan. Kendati demikian, kata dia, hal itu perlu kembali diingatkan agar calhaj tidak lupa.

Diskusi Haji SINDO Weekly juga mengangkat berbagai materi praktis bagi calhaj, mulai dari melempar jumrah, aturan aturan dari pemerintah Arab Saudi, hingga imbauan tidak membawa uang tunai yang banyak.

Selama menjalankan ibadah di Tanah Suci, para calhaj juga harus didampingi dokter dari kloter. “Kami ingin mengingatkan kembali sebelum mereka diterbangkan ke Tanah Suci,” ungkapnya.

Dialog Haji yang digelar SINDO Weekly dengan cara roadshow di tujuh kota, yakni Jakarta, Surabaya, Solo, Medan, Banjarmasin, Lombok, dan Makassar.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Tengah, Farhani berharap para calhaj menaati semua aturan yang ditetapkan di Tanah Suci. Termasuk di antaranya aturan yang diterbitkan pemerintah Arab Saudi tentang tata cara lempar jamarat.

Regulasi itu dibuat untuk memproteksi para calhaj saat menjalankan ibadah haji. Para calhaj tidak perlu khawatir karena di setiap kloter ada tim pembimbing ibadah haji. “Di sana (Arab Saudi) juga ada petugas daerah kerja atau (daker) yang akan membantu,” ucap Farhani.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0262 seconds (0.1#10.140)