Genjot Penerimaan Zakat, Ganjar Bakal Kembangkan Baznas di Tingkat Nasional

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 08:33 WIB
loading...
Genjot Penerimaan Zakat, Ganjar Bakal Kembangkan Baznas di Tingkat Nasional
Capres 2024, Ganjar Pranowo saat menghadiri Workshop Nasional Anggota DPRD Fraksi PPP se-Indonesia di Jakarta, Jumat (20/10/2023) malam. Foto/MPI/Agung Bakti Sarasa
A A A
JAKARTA - Calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo berkomitmen menerapkan keberhasilannya mengembangkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Tengah ke tingkat nasional.

"Saya mendapatkan masukan banyak sekali tentang pengelolaan zakat melalui Baznas. Saya kira beberapa pengalaman yang bagus ini akan kita nasionalkan dan Baznas pusat juga mendukung," ujar Ganjar saat menghadiri Workshop Nasional Anggota DPRD Fraksi PPP se-Indonesia di Jakarta, Jumat (20/10/2023) malam.

Ganjar menceritakan, sejak menjabat Gubernur Jateng pada 2013, dirinya memasukkan dana Baznas sebagai salah satu instrumen anggaran pembangunan kemasyarakatan. Maka, Capres Partai Persatuan Indonesia (Perindo) itu pun mengoptimalkan penerimaan dana Baznas Jateng melalui surat edaran gubernur.



Dari surat itu berhasil menaikkan penerimaan zakat dari hanya Rp110 juta pada 2014 menjadi Rp82 miliar pada 2022. "Dari zakat ASN yang muslim itu kita manfaatkan untuk pengentasan kemiskinan di Jawa Tengah, saat itu. Sehingga kita akan coba nasionalkan beberapa pengalaman yang waktu itu pernah kita lakukan di Jawa Tengah," katanya.

Bukan hanya zakat, Ganjar juga akan mendorong agar pengembangan wakaf jauh lebih baik. Sampai saat ini, dirinya masih berkomunikasi dengan Baznas pusat terkait program-program ke depan. "Satu yang perlu sekarang musti kita dorong adalah wakaf. Kalau wakaf ini juga bisa kita kelola dengan baik Insyaallah akan banyak kemanfaatan yang bisa kita berikan," imbuhnya.



Dengan segala capaian itu, Ganjar bahkan dianugerahi penghargaan sebagai Gubernur Pendukung Utama Pengelolaan Zakat di Indonesia. Prestasi itu diberikan Baznas Republik Indonesia kepada Ganjar Pranowo saat acara Baznas Award 2023. Pada tahun sebelumnya, penghargaan serupa juga telah diraih Ganjar.

Sementara itu, Ketua Majelis Syariah DPP PPP, KH Musthofa Aqil Sirodj menyampaikan Ganjar merupakan salah satu pemimpin yang baik. Keyakinannya itu semakin mantab ketika Mbah Maimoen Zubair menyampaikan hal serupa.

Ia bercerita, pernah suatu ketika KH Maimoen Zubair memberikan isyarat jika Ganjar adalah sosok pemimpin yang baik. "Pernah dititipi sama Mbah Maimoen. Iku apik (itu orang baik). Ternyata Pak Ganjar itu memang orang baik dan tawadu (rendah hati)," ungkapnya.

Dengan keyakinan tersebut, seluruh pengurus dan kader partainya telah bersepakat untuk mendukung Ganjar Pranowo, apalagi sekarang telah resmi menggandeng Mahfud MD menjadi cawapres. “Kita sepakat dengan para kiai dan pondok pesantren. Alhamdulillah ternyata nama Pak Ganjar sudah ada di hati para kiai," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)