Rakornas Baznas 2023, Wapres Dorong Pengelolaan ZIS untuk Pengentasan Kemiskinan

Kamis, 21 September 2023 - 12:19 WIB
loading...
Rakornas Baznas 2023, Wapres Dorong Pengelolaan ZIS untuk Pengentasan Kemiskinan
Wapres Maruf Amin saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Baznas 2023 di Jakarta, Rabu (20/9/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden ( Wapres) Ma'ruf Amin mendorong Badan Amin Zakat Nasional ( Baznas ) melakukan inovasi baru dana sosial syariah, sehingga menjadi solusi peningkatan kegiatan masyarakat dalam penghapusan kemiskinan ekstrem.

Hal ini ditekankan Wapres saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Baznas 2023 di Jakarta, Rabu (20/9/2023). Rakornas akan digelar hingga Jumat (22/9/2023) besok.

Wapres menilai keberadaan dan peran Baznas sebagai mitra strategis pemerintah sangat krusial. Sebagai badan pengelola zakat nasional, Baznas turut aktif membantu pemerintah dalam upaya menyejahterakan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.



Upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penghapusan kemiskinan ekstrem hanya dapat diwujudkan melalui kerja sama kolaborasi seluruh pemangku kepentingan.

"Oleh karena itu saya minta Baznas untuk meningkatkan partisipasi aktifnya, tidak hanya mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin ekstrem, tapi juga meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin ekstrem," kata wapres dalam keterangan tertulis, Kamis (21/9/2023).

Wapres berharap Baznas meningkatkan penyediaan akses lanjutan bagi kelompok masyarakat miskin yang berkebutuhan khusus, seperti yang dilakukan saat ini, melalui penyediaan akses dan fasilitas pendidikan Al-Quran kepada kelompok penyandang disabilitas tuna rungu.



"Saya kembali mendorong Baznas untuk senantiasa mendorong upaya perbaikan nyata, terutama demi menciptakan tata kelola dana sosial syariah yang maslahat bagi umat, terutama merumuskan beragam gagasan dan terjemahkan dalam inovasi-inovasi baru dana sosial syariah agar mampu menjadi alternatif solusi untuk peningkatan kegiatan masyarakat dalam penghapusan kemiskinan ekstrem di Indonesia," katanya.

Ma'ruf Amin berharap Rakornas Baznas 2023 dapat menjadi forum yang produktif dan transformatif serta mampu menghasilkan rekomendasi program yang signifikan, meningkatkan kepercayaan masyarakat, terutama para muzaki agar terdorong untuk menunaikan ZIS di BAZNAS sebagai lembaga utama menyejahterakan umat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)