Konsep Anggaran Riset Disiapkan Ganjar-Mahfud agar SDM Unggul

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 19:53 WIB
loading...
Konsep Anggaran Riset Disiapkan Ganjar-Mahfud agar SDM Unggul
Konsep anggaran riset dan pengembangan agar sumber daya manusia (SDM) unggul disiapkan pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Konsep anggaran riset dan pengembangan agar sumber daya manusia (SDM) unggul disiapkan pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Pembangunan SDM menjadi program prioritas duet yang didukung PDIP, Partai Perindo, PPP, dan Partai Hanura itu.

Sesuai visi-misi, pasangan ini bertekad mewujudkan cita-cita Indonesia unggul. Politikus Partai Hanura Inas Nasrullah Zubir mengatakan, untuk mewujudkan itu semua Ganjar sudah memiliki konsep penyediaan anggaran untuk memastikan ketersediaan fasilitas riset dan laboratorium yang modern dan lengkap untuk eksperimen dan penelitian mendalam.

Inas menuturkan, sistem pendidikan yang baik harus didukung juga dengan investasi riset dan pengembangan. "Sehingga pemerintah dan sektor swasta perlu meningkatkan investasi dalam riset dan pengembangan untuk mendukung proyek-proyek inovatif," kata Inas, Jumat (20/10/2023).

Lebih lanjut dia mengatakan, investasi dalam sistem pendidikan yang baik adalah kunci untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini melibatkan peningkatan kurikulum, fasilitas, dan kualifikasi guru.

"Ganjar telah memberikan contoh melalui program peningkatan kualitas SMKN di Jawa Tengah," imbuhnya.

Pasangan Ganjar-Mahfud telah menyerahkan visi-misi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai salah satu syarat pendaftaran sebagai capres dan cawapres. Visi-misi Ganjar-Mahfud diserahkan dalam bentuk dokumen dengan tebal 33 halaman.

Halaman depan dokumen visi-misi itu bergambar grafis Ganjar-Mahfud berkemeja putih dan dasi merah, seperti orang kantoran. Lambang partai pendukung dan pengusung PDI Perjuangan, PPP, Perindo dan Hanura pun ada di halaman depan.

Visi Ganjar-Mahfud adalah Menuju Indonesia Unggul Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari. Visi itu ditunjang delapan misi, yang dinamai 8 Gerak Cepat Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Berikut misi pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD:

1. Mempercepat Pembangunan Manusia Indonesia Unggul yang Berkualitas, Produktif, dan Berkepribadian.
2. Mempercepat Penguasaan Sains dan Teknologi Melalui Percepatan Riset dan Inovasi (R & I) Berdikari.
3. Mempercepat Pembangunan Ekonomi Berdikari Berbasis Pengetahuan dan Nilai Tambah.
4. Mempercepat Pemerataan Pembangunan Ekonomi.
5. Mempercepat Pembangunan Sistem Digital Nasional.
6. Mempercepat Perwujudan Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan Melalui Ekonomi Hijau dan Biru.
7. Mempercepat Pelaksanaan Demokrasi Substantif, Penghormatan HAM, Supremasi Hukum yang Berkeadilan dan Keamanan yang Profesional.
8. Mempercepat Peningkatan Peran Indonesia dalam Mewujudkan Tata Dunia Baru yang Lebih Berkeadilan Melalui Politik Luar Negeri Bebas Aktif dan Memperkuat Pertahanan Negara.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)