Pati TNI Peraih Adhi Makayasa 1990-an, Nomor 4 dan 7 Lulusan Terbaik 3 Sekolah Militer

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 05:35 WIB
loading...
A A A
Pria kelahiran Payakumbuh, Sumatera Barat pada 14 Juni 1972 ini banyak menghabiskan pengabdiannya di Korps Baret Merah Kopassus. Sejumlah jabatan penting di TNI pernah di embannya. Antara lain, Danyon 13 Grup 1/Kopassus, kemudian Danmen Walpri Grup A Paspampres dan Wadan Grup A Paspampres.

Selain itu, dia juga pernah menduduki jabatan sebagai Asops Danjen Kopassus, kemudian Dan Grup 1/Kopassus, Koorspri KSAD. Sempat memimpin teritorial sebagai Danrem 012/Teuku Umar, Djon Afriandi kemudian dipercaya menjabat sebagai Danmen Taruna Akmil dan sekarang sebagai Staf Khusus KSAD.

7. Brigadir Jenderal TNI Lucky Avianto

Pati TNI Peraih Adhi Makayasa 1990-an, Nomor 4 dan 7 Lulusan Terbaik 3 Sekolah Militer

Brigadir Jenderal TNI Lucky Avianto merupakan lulusan terbaik sekaligus peraih Adhi Makayasa Akmil 1996 A dari kesatuan Infanteri Kopassus. Saat ini pria kelahiran Jakarta, 2 Oktober 1974 ini menduduki jabatan perwira tinggi sebagai Staf Khusus KSAD.

Selama menjadi abdi negara, Lucky Avianto banyak menghabiskan waktunya di Korps Baret Merah Kopassus. Sejumlah jabatan yang pernah diemban di pasukan elite TNI AD tersebut antara lain, Kasi Ops Grup 1 Kopassus kemudian Kaspri Danjen Kopassus. Pangkat dan jabatan Lucky terus meningkat, dia kemudian diangkat menjadi Dandim 0829/Bangkalan selanjutnya Waasops Danjen Kopassus.

Karier Lucky terbilang moncer, saat berpangkat Kolonel dia dipercaya menduduki jabatan Asrena Danjen Kopassus, kemudian Asops Danjen Kopassus, selanjutnya Dan Grup 1/Kopassus hingga Danrindam XII/Tanjungpura. Dedikasi dan loyalitasnya dalam menjalankan tugas membuat karier militernya melesat. Lucky kemudian diangkat menjadi Kapusdiklat Badan Intelijen Negara (BIN). Tugas dan tanggung jawab baru tersebut membuatnya pangkat yang disandangnya naik menjadi Brigjen TNI.

Tak hanya itu, Lucky juga prajurit TNI yang sangat berprestasi. Mengikuti jejak seniornya Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, Lucky juga tercatat sebagai lulusan terbaik pendidikan militer dari Akademi Militer (Akmil) 1996 A, kemudian Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad), dan Sekolah Staf dan Komando TNI (Sesko TNI).

8. Brigjen TNI Rudy Saladin

Pati TNI Peraih Adhi Makayasa 1990-an, Nomor 4 dan 7 Lulusan Terbaik 3 Sekolah Militer

Brigjen TNI Rudy Saladin adalah lulusan Akmil tahun 1990-an yang kini menjabat sebagai perwira tinggi (Pati) TNI. Saat ini, lulusan terbaik sekaligus penerima penghargaan Adhi Makayasa Akmil 1997 ini menjabat sebagai Staf Khusus KSAD.

Beberapa jabatan penting di militer pernah diembannya, antara lain Danton, Danki dan Pasiops Yonif Linud 328/Dirgahayu, kemudian Sespri Pangkostrad, Dandim 1008/Tanjung. Selain itu, dia juga pernah menjadi Sespri KSAD bahkan Ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Setelah bertugas di lingkaran Istana Presiden, pria kelahiran Ujung Pandang, Sulawesi Selatan pada 17 September 1975 ini kemudian ditunjuk menjadi Danrem 074/Warastratama kemudian Danrem 061/Surya Kancana dan saat ini menjadi Staf Khusus KSAD

9. Brigjen TNI Dwi Sasongko

Pati TNI Peraih Adhi Makayasa 1990-an, Nomor 4 dan 7 Lulusan Terbaik 3 Sekolah Militer

Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Dwi Sasongko adalah perwira tinggi TNI AD yang mengemban amanat sebagai Danmentar Akmil. Sebelumnya dia menjabat sebagai Paban VI/Kermalat Non Asean Slatad.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)