3 Perspektif Menarik Mahfud MD tentang Nilai Penting Pancasila, Apa Saja?

Kamis, 19 Oktober 2023 - 18:05 WIB
loading...
3 Perspektif Menarik Mahfud MD tentang Nilai Penting Pancasila, Apa Saja?
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Foto/Aldhi Chandra Setiawan
A A A
JAKARTA - Mahfud MD , cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, merupakan tokoh politikus dan juga ahli hukum yang menjunjung tinggi Pancasila. Mahfud pun memiliki perspektif tentang nilai-nilai Pancasila.

Pancasila merupakan landasan ideologi bagi masyarakat Indonesia. Ideologi adalah prinsip-prinsip yang digunakan sebagai panduan untuk menjalani kehidupan bersama yang telah diterima secara umum.

Hal ini disebabkan karena terdapat prinsip-prinsip yang mendasari cara hidup yang tidak selalu bersifat universal dan disetujui oleh semua orang. Sebagai contoh, agama dapat dianggap sebagai panduan hidup, namun bukan sebagai ideologi karena tidak semua individu mendukung agama orang lain.

Pengalamannya di bidang hukum memberi masukan dan saran mengenai Pancasila, berikut 3 perspektif yang diberi Mahfud MD:

1. Pancasila Mengandung Nilai Etis

Mahfud MD ikut memperingati Hari Lahir Pancasila, yang selalu diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap 1 Juni. Menurutnya, Pancasila berasal dari pengalaman konkret dan nilai-nilai keagamaan di Indonesia.

Dalam sambutannya saat menggantikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, NTT, Kamis (1/6/2023), Mahfud menyatakan bahwa Pancasila adalah sesuatu yang muncul secara alami di Indonesia, memiliki dimensi etika yang mendalam, dan memiliki legitimasi kuat dari segi filsafat, politik, dan sejarah.

Mahfud menekankan pentingnya mengaktualisasikan semangat dan prinsip-prinsip Pancasila dalam setiap tindakan, pemikiran, dan interaksi individu. Hal ini dianggap sebagai kunci untuk mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan dan solidaritas dalam masyarakat.

2. Penting Aktualisasi Pancasila

Semua individu harus mengimplementasikan semangat dan prinsip-prinsip Pancasila dalam cara berpikir, bertindak, dan berinteraksi dalam masyarakat. Ini akan membantu mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan dan solidaritas bangsa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8154 seconds (0.1#10.140)