Jokowi Kecam Keras Tindak Kekerasan yang Terjadi di Gaza Palestina

Kamis, 19 Oktober 2023 - 17:14 WIB
loading...
Jokowi Kecam Keras Tindak Kekerasan yang Terjadi di Gaza Palestina
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Indonesia mengecam keras tindak kekerasan yang terjadi di Gaza, Palestina. Foto/BPMI Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Indonesia mengecam keras tindak kekerasan yang terjadi di Gaza, Palestina . Akibat hal tersebut penderitaan dan korban sipil berjatuhan semakin banyak.

"Indonesia mengecam keras tindak kekerasan yang terjadi di Gaza karena telah mengakibatkan penderitaan dan semakin banyaknya korban sipil termasuk perempuan dan anak," ujar Jokowi dalam keterangannya yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (19/10/2023).



Indonesia, kata Jokowi, juga mengutuk serangan Israel terhadap Rumah Sakit Al Ahli. Menurutnya, hal tersebut pelanggaran terhadap hukum humaniter internasional.

"Sehingga saya perintahkan menteri luar negeri untuk hadir dalam pertemuan luar biasa para Menlu OKI (Organisasi Kerjasama Islam) di Jeddah kemarin.
Serta untuk terus mengupayakan evakuasi wni yang saat ini masih terkendala kondisi lapangan," tuturnya.

Jokowi melanjutkan Indonesia tidak akan tinggal diam melihat korban sipil terus berjatuhan, melihat ketidakadilan terhadap rakyat Palestina yang terus terjadi.

Untuk itu, Jokowi mengatakan Indonesia bersama-sama dengan OKI mengirimkan pesan kuat kepada dunia untuk menghentikan eskalasi, penggunaan kekerasan, dan fokus pada masalah kemanusiaan. Serta menyelesaikan akar permasalahan yaitu pendudukan Israel atas Palestina.


"Sekarang lah saatnya dunia berdiri bersama membangun solidaritas global untuk menyelesaikan masalah Palestina secara adil dan menerapkan parameter internasional yang telah disepakati. Ini akan terus Indonesia suarakan di berbagai kesempatan dan forum internasional termasuk saat bilateral dengan Perdana Menteri Arab Saudi dan di KTT ASEAN GCC besok hari," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)