Mahfud MD: Penegakan Hukum Harus Tegas ke Atas, Berikan Perlindungan ke Bawah

Rabu, 18 Oktober 2023 - 22:09 WIB
loading...
Mahfud MD: Penegakan Hukum Harus Tegas ke Atas, Berikan Perlindungan ke Bawah
Cawapres Mahfud MD mengatakan persoalan di Indonesia saat ini adalah lemahnya penegakan hukum. Foto/MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD mengatakan persoalan di Indonesia saat ini adalah lemahnya penegakan hukum. Jika penegakan hukum bisa dilakukan dengan baik dan benar, maka ekonomi akan bagus.

"Infrastruktur akan bagus, kehidupan-kehidupan lain pun akan bagus. Perdagangan dan lain-lain," kata Mahfud dalam sambutannya di acara Deklarasi Capres dan Cawapres, Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP) di Gedung Arsip Nasional RI, Jakarta Barat, Rabu (18/10/2023) malam.

Mahfud MD juga menekankan jika penegakan hukum harus punya kepastian. "Penegakan hukum harus memberikan kepastian hukum ke atas ke bawah. Kalau ke atas itu antarpengusaha-pengusaha elite, penguasa-penguasa elite itu terkadang tidak memberi kepastian hukum, ada tumpang tindih korupsi, kolusi dan lainnya," ucap Mahfud.



"Di bawah, itu tidak dapat perlindungan hukum. Sehingga penegakan hukum ke depannya, ke atas harus ada kepastian dan ketegasan, ke bawah harus ada perlindungan," ucap Menko Polhukam ini.

Mahfud MD juga mengatakan Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi yang dikhususkan untuk para anak-anak muda. Hal tersebut bisa menjadi jalan mulus mewujud Indonesia Emas 2045.

Mahfud mengungkapkan pemilih muda di Indonesia saat ini sebesar 62%. Mereka akan menjadi pemilih yang akan menentukan. Menurut Mahfud, anak-anak muda bukan diukur dari usianya. Melainkan dari pemikirannya, cara pandangnya, gayanya dan perspektif di dalam memandang kehidupan.

"Karena itu saya yang baru saja mendapatkan kehormatan dari empat partai politik menjadi pendamping Bapak Ganjar Pranowo mengajak Anda semua para anak muda beranilah membenahi dan membangun Indonesia ini dengan kekuatan dan keunggulan masing-masing yang Anda miliki," katanya.

Di era teknologi yang semakin maju, Mahfud mengatakan, anak muda memiliki ruang yang sangat besar untuk bersuara. Maka dari itu, hal tersebut bisa mewujudkan mimpi Indonesia Emas 2045.

"Indonesia Emas itu adalah Indonesia yang digambarkan oleh Undang-Undang Dasar 1945 Alinea Dua, itulah Indonesia Emas yang akan kita bangun," ucapnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)