Dorong Pertumbuhan Ekonomi, GIIAS Kembali Digelar di Kota Semarang

Rabu, 18 Oktober 2023 - 16:39 WIB
loading...
A A A
"Harapannya, sejak pendiriannya, tidak hanya program awal dari nikel sampai baterainya ada di Batang. Kemarin juga mendorong otomotifnya juga ke Jateng," ujar Sumarno.

Dikatakan, pihaknya siap apabila di Jateng didirikan pabrik otomotif, karena dampak industrinya akan meningkat luar biasa. Tahun kemarin pihak Gaikindo juga menyampaikan ada yang berminat mau relokasi di Jateng.

Untuk itu, Pemprov akan menyambut baik rencana tersebut, lantaran kewajiban pemerintah adalah memfasilitasi. Dengan begitu, jika sudah ada perusahaan yang minat ke Jateng, itu harus dikawal.

"Bahasanya, kalau sudah minat, harus kita jemput, kita kawal betul untuk masuk ke Jateng. Kita siap. Karena dampaknya, dampak industri kan luar biasa bagi ekonomi Jateng," imbuhnya.

Sementar itu, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Taufiek Bawazier mengatakan, minat orang Jateng untuk membeli kendaraan tinggi. Oleh karenanya, diharap masyarakat bisa berkunjung ke GIIAS.

"Paling enggak kenal dululah. Kenal, kalau tertarik baru beli. Ada variasi, ada harganya di bawah Rp300 jutaan, ada yang tinggi juga. Tergantung selera," kata Taufiek.

Kaitannya dengan wacana pendirian pabrik otomotif di Jateng, pihaknya masih melakukan komunikasi (sounding). Yang penting dari Pemprov Jateng menyiapkan diri terlebih dulu. Sebab, untuk sebuah pendirian pabrik, banyak hal yang harus diperhatikan.

"Sebenarnya peluangnya ada, sudah cukup besar, dekat dengan infrastruktur. Sebenarnya di sini juga sudah bagus. Pelabuhan juga sudah ada. Saya kira bisa didorong," ujarnya.
(irh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)