Dorong Pertumbuhan Ekonomi, GIIAS Kembali Digelar di Kota Semarang

Rabu, 18 Oktober 2023 - 16:39 WIB
loading...
Dorong Pertumbuhan Ekonomi, GIIAS Kembali Digelar di Kota Semarang
Penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) kali kedua di Kota Semarang diharapkan dapat berkontribusi positif untuk pertumbuhan ekonomi daerah. (Foto: Istimewa)
A A A
SEMARANG - Penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) kali kedua, di Marina Convention Center, Kota Semarang, mulai 18-22 Oktober 2023, diharapkan dapat berkontribusi positif untuk pertumbuhan ekonomi daerah.

Kegiatan yang diinisiasi Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Tengah itu diikuti seluruh brand kendaraan bermotor dengan berbagai merek dan tipe, serta akan menampilkan berbagai inovasi teknologi terkini dan ramah lingkungan berbasis listrik. Di antaranya, Chery, Daihatsu, Honda, Hyundai, KIA, Mazda, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, Wuling, Exotic, Pacific, Royal Enfield dan Yamaha.

Sekretaris Daerah Jateng Sumarno mengatakan, kegiatan GIIAS diharapkan akan memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi di Jateng.

"Mudah-mudahan ini bisa mendongkrak pertumbuhan kendaraan di Jateng. Tentu saja dampaknya bagi Provinsi Jateng juga bisa signifikan. Harapan kami tadi bisa meningkatkan pendapatan asli daerah di Jateng," kata Sumarno, ditemui di lokasi, Rabu (18/10/2023).

Ditambahkan, saat ini pihaknya tengah berupaya memenuhi target pendapatan asli daerah tahun 2023. Seperti, pendapatan dari bea balik nama kendaraan bermotor, mengingat dari Pemda memang tidak memiliki instrumen untuk mengejar, karena emua kebijakan dari pemerintah pusat.

"Ini hanya salah satu sarana kita, untuk mempertemukan masyarakat Jateng dengan industri otomotif yang ada," tuturnya.

Sumarno menuturkan, tahun lalu pihaknya memang mendorong penyelenggaraan GIIAS pertama, agar event tersebut tak hanya digelar di Jakarta. Dengan diadakan di Jateng, dapat memberikan dampak ekonomi dan peningkatan pendapatan asli daerah.

"Dari pada harus ke Jakarta, mending kita geser di Jateng. Ini yang kedua. Alhamdulillah, ini pesertanya lebih banyak," sambung sekda.

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, GIIAS Kembali Digelar di Kota Semarang


Pihaknya juga tengah mendorong adanya pendirian pabrik otomotif di kawasan Industri Batang. Saat ini, yang sudah masuk di kawasan itu baru industri baterai listrik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2259 seconds (0.1#10.140)