5 Fakta Marsda TNI (Purn) T Seto Purnomo, Komandan Kopasgat Kelahiran Jawa Tengah

Selasa, 17 Oktober 2023 - 13:18 WIB
loading...
5 Fakta Marsda TNI (Purn) T Seto Purnomo, Komandan Kopasgat Kelahiran Jawa Tengah
Marsda TNI (Purn) T Seto Purnomo merupakan Komandan Kopasgat kelahiran Jawa Tengah. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Marsda TNI (Purn) T Seto Purnomo merupakan Komandan Kopasgat kelahiran Jawa Tengah. Dia menjabat posisi tersebut pada periode 2016 hingga 2018.

Kopasgat merupakan singkatan dari Komando Pasukan Gerak Cepat. Sekadar informasi, Kopasgat ini adalah pasukan elit yang dimiliki TNI Angkatan Udara.

Melihat ke belakang, Kopasgat sudah beberapa kali mengalami perubahan nama. Saat ini, pasukan elit tersebut juga dikenal dengan sebutan Korps Baret Jingga.

Sepanjang sejarahnya, Kopasgat sudah banyak dipimpin komandan yang berbeda-beda. Dari sekian nama, salah satu yang pernah menjabat adalah Marsda TNI (Purn) T Seto Purnomo.

Fakta Marsda TNI (Purn) T Seto Purnomo


1. Purnawirawan TNI AU


Marsda TNI (Purn) T Seto Purnomo merupakan salah seorang purnawirawan perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Udara. Sebelum pensiun, dia sempat menjabat Staf Khusus (Stafsus) Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU).



Melihat riwayatnya, Seto mengakhiri kariernya di militer dengan pangkat Marsekal Muda atau bintang dua. Pada kategorinya, pangkat tersebut masuk golongan perwira tinggi di TNI AU.

Letaknya adalah satu tingkat di atas Marsekal Pertama (bintang satu) dan setingkat di bawah Marsekal Madya (bintang tiga).

2. Jebolan AAU 1985


Seto Purnomo diketahui sebagai lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1985. Dia turut membanggakan angkatannya tersebut setelah sukses menembus pangkat perwira tinggi.

Selain AAU, Seto juga mengikuti sejumlah pendidikan militer. Di antaranya seperti Sesarcab Pasukan, Seskoau, Sesko TNI hingga Lemhannas PPSA XIX.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3698 seconds (0.1#10.140)