KPU Siapkan 8 Desain Kotak Suara Transparan untuk Pemilu 2019

Senin, 07 Agustus 2017 - 16:42 WIB
KPU Siapkan 8 Desain Kotak Suara Transparan untuk Pemilu 2019
KPU Siapkan 8 Desain Kotak Suara Transparan untuk Pemilu 2019
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat delapan contoh desain kotak suara transparan yang akan digunakan pada pemilihan umum (Pemilu) 2019 mendatang. Kedelapan contoh desain tersebut akan melalui pembahasan dengan DPR terlebih dahulu untuk menentukan desain yang dianggap tepat digunakan pada 17 April 2019.

Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan, delapan desain kotak suara yang telah disiapkan terdiri dari empat berbahan dasar karton dan empat berbahan dasar plastik. Untuk berbahan dasar karton terdiri dari satu, dua tiga hingga empat sisi transparan. Sementara berbahan dasar plastik hanya dibedakan berdasarkan tingkat kecerahan plastik yang digunakan.

“Nanti (kotak suara) yang plastik itu ada beberapa model, ada yang terang semuanya, tapi ada juga yang agak buram,” ujar Arief saat ditemui di Kantor KPU, Jakarta, Senin (7/8/2017).

Menurut Arief, meski saat ini telah tertampung delapan contoh desain kotak suara transparan sebagaimana dimaksud Pasal 341 Ayat 1 huruf (a) Undang-undang (UU) Penyelenggaraan Pemilu, namun pihaknya masih terus mengumpulkan berbagai macam data yang dibutuhkan terkait pengadaan kotak transparan tersebut.

“Iya ini kan masih mengumpulkan berbagai macam data, mengkalkulasi, menghitung berbagai kebutuhan,” ucap Arief.

Termasuk soal biaya yang dibutuhkan KPU untuk memproduksi kotak suara transparan tersebut serta proses distribusi yang sangat berpengaruh untuk daerah yang cukup jauh dan dengan medan yang sulit dijangkau. “Misalnya nanti kalau biaya produksinya ditambah distribusi Rp200 ribuan, ya berarti dikali 1,8 juta unit Rp360 miliar,” contoh Arief.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5086 seconds (0.1#10.140)