Lingkar Pemimpin Muda Jogja Deklarasi Dukung Gibran Cawapres 2024

Senin, 16 Oktober 2023 - 00:09 WIB
loading...
Lingkar Pemimpin Muda Jogja Deklarasi Dukung Gibran Cawapres 2024
Lingkar Pemimpin Muda Jogja mendeklarasikan dukungan untuk Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Lingkar Pemimpin Muda Jogja mendeklarasikan dukungan untuk Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. Deklarasi anak-anak muda di Yogyakarta itu digelar di Kafe Tarumartani Yogyakarta, Minggu (15/10/2023).

Mereka menilai putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sangat layak untuk dijadikan sebagai figur pemimpin muda hari ini yang terlihat dari gaya kepemimpinannya dalam memimpin Kota Solo saat ini. Mereka juga menilai Indonesia hari ini butuh pemimpin muda yang memiliki gagasan dan gebrakan pro anak muda.

Hal itu mengingat Indonesia hari ini mengalami bonus demografi di mana jumlah penduduk mayoritas diisi oleh anak muda yang terdiri dari milenial 25,87% dan Gen-Z sebanyak 27,94%. Selain deklarasi, mereka juga menggelar Cangkruk Kebangsaan.





"Hari ini Indonesia mengalami bonus demografi, di mana populasi Indonesia di dominasi anak muda atau usia produktif, maka sudah saatnya anak muda menampilkan diri sebagai pemimpin bangsa ini terlebih untuk mempersiapkan diri menuju Indonesia emas 2045,” kata Koordinator Lingkar Pemimpin Muda Jogja Choirul Anwar.

Anwar menegaskan bahwa Gibran adalah figur pemimpin muda hari ini yang sesuai dengan kebutuhan dan realitas anak muda saat ini, yaitu egaliter, cair, dan berinovasi. Oleh karena itu, kata dia, Gibran perlu didukung maju dalam pemilihan presiden dan wakil presiden mendatang.

"Mas Gibran ini merupakan figur pemimpin muda yang dibutuhkan dan sesuai dengan realita anak muda hari ini, melihat gaya kepemimpinannya beliau yang egaliter, cair, dan berinovasi, maka perlu kita dukung dan menangkan di 2024 ini," tegasnya.

Mereka juga menilai dalam sejarah kebangsaan Indonesia, peran pemuda menjadi elemen penting tegaknya negara, begitu pula dengan kepemimpinan Indonesia.

“Dulu kita pernah punya Jong Java, Jong Celebes, belum lagi dulu Sutan Syahrir diangkat 35 tahun jadi perdana menteri, kiai Wahid Hasyim jadi Menteri Agama juga saat 31 tahun, jadi kita sudah punya sejarah soal pemimpin muda,” kata anggota Lingkar Pemimpin Muda Jogja Ahmad.

Berikut isi deklarasi Lintas Pemimpin Jogja pada Minggu, 15 Oktober 2023 di Yogyakarta.
Deklarasi Lintas Pemimpin Muda Jogja:
1. Pemuda merupakan instrumen penting dalam keberlangsungan dan kemajuan bangsa.
2. Pemuda memiliki sejarah besar dalam kontribusi kemerdekaan Indonesia, yaitu peristiwa sumpah pemuda.
3. Menghadapi pesta demokrasi 2024, pemuda harus terlibat aktif dalam kontestasi politik untuk mewujudkan aspirasi anak muda.
4. Mengingat adanya bonus demografi, yang mayoritas penduduk terdiri dari kalangan muda yaitu millenial dan gen-z, maka perlu adanya figur pemimpin negara yang mewakili kalangan pemuda.
5. Mendukung Gibran Rakabuming Raka sebagai representasi pemimpin muda untuk menjadi Wakil Presiden RI 2024.
6. Siap memenangkan Gibran Rakabuming Raka dalam kontestasi politik 2024.
7. Meminta Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan syarat batas usia sebagai wujud keikutsertaan dan andil pemuda dalam kontestasi kepemimpinan bangsa.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)