Pasar Rakyat Indonesia di Cape Town Diserbu Pengunjung, Makanan Tradisional Laris Manis

Minggu, 15 Oktober 2023 - 08:42 WIB
loading...
Pasar Rakyat Indonesia di Cape Town Diserbu Pengunjung, Makanan Tradisional Laris Manis
Ribuan pengujung menyerbu Indonesian Folk Market atau pasar rakyat yang digelar di Halaman Kantor KJRI Cape Town, Afrika Selatan Sabtu (14/10/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - KJRI Cape Town, Afrika Selatan menyelenggarakan “Indonesian Folk Market” atau pasar rakyat di Halaman Kantor KJRI, Sabtu (14/10/2023). Selain untuk memperkenalkan tradisi pasar rakyat Indonesia, kegiatan ini juga digelar untuk merekatkan hubungan masyarakat kedua negara.

Konsul Jenderal RI, Tudiono mengatakan, antuasiasme masyarakat baik WNI, keluarga perkawinan campur, dan diaspora Indonesia di Cape Town sangat luar biasa. Hal itu terlihat dari membeludaknya pengunjung pasar rakyat yang menjual berbagai produk Indonesia.

"Ini sekaligus untuk promosi budaya serta kesempatan business matching," ujar Tudiono dalam rilis kepada media, Minggu (15/10/2023).

Dalam kegiatan ini, KJRI Cape Town didukung partisipasi 16 vendor yang meliputi WNI yang tinggal di wilayah Cape Town dan sekitarnya.

Pasar rakyat juga didukung oleh partisipasi dua perusahaan Indonesia yang telah berhasil memasukkan produk-produknya ke pasar setempat, yaitu Indofood dan Kalbe Internasional. Selain itu juga didukung oleh kehadiran Indonesian Trade Promotion Center di Johannesburg.

Sejumlah grup diaspora Indonesia dan Friends of Indonesia turut berpartisipasi membuka booth pariwisata dan tour ke Indonesia.

Adapun aneka produk makanan Indonesia yang disajikan di pasar rakyat di antaranya rendang, sate, nasi goreng, mi bakso, asinan, jajanan pasar, hingga es teler.

"Selain itu juga aneka kerajinan tangan seperti patung, baju batik, serta perhiasan perak," ujarnya.



Pasar Rakyat juga menampilkan sejumlah tarian tradisional dari Bali, Jakarta, serta Surabaya, yang dibawakan oleh diaspora Indonesia di Cape Town, yaitu EON Group–School of Performing Arts yang berbasis di Cape Town. Pengajar tari group ini merupakan lulusan Bea Siswa Budaya Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)