Punya Potensi Besar, Suara Nahdliyin Dinilai Punya Pengaruh Besar di 2024

Kamis, 12 Oktober 2023 - 12:32 WIB
loading...
Punya Potensi Besar, Suara Nahdliyin Dinilai Punya Pengaruh Besar di 2024
Relawan Gerakan Biru Kuning (GBK) menargetkan soliditas suara warga Nahdlatul Ulama (Nahdliyin) dalam upaya pemenangan pasangan AMIN dalam Pemilu 2024. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Relawan Gerakan Biru Kuning (GBK) menargetkan soliditas suara warga Nahdlatul Ulama (Nahdliyin) dalam upaya pemenangan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam Pemilu 2024. GBK yang diisi alumni PMII optimistis mampu meyakinkan tokoh-tokoh simpul Nahdlatul Ulama (NU) untuk memenangkan AMIN.

"Dalam setiap Pemilu Presiden seringkali simpul-simpul NU baik di level struktural maupun kultural terpecah belah karena mendukung calon yang berbeda. Maka kami berharap dalam Pemilu 2024 semua simpul bisa menjadi satu kekuatan karena ada kader terbaik NU yang berada di kertas suara yakni Gus Muhaimin Iskandar," ujar Koordinator Nasional Relawan GBK, Andi Najmi, Kamis (12/10/2023).

Andi menjelaskan potensi suara nahdliyin ini sangat besar. Sayangnya seringkali suara ini tidak menjadi kekuatan utuh karena terfragmentasi dalam arus dukungan yang berbeda-beda. Akibatnya seringkali kader NU gagal menduduki posisi puncak dalam tampuk kepemimpinan nasional.

"Segmen ini jumlahnya sangat besar, saya percaya mayoritas akan menggunakan GBK sebagai kendaraan mendukung Pasangan AMIN," katanya.



Andi mengatakan, Relawan GBK telah mengadakan pertemuan khusus dengan Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Muhaimin Iskandar pada Selasa (10/10/2023). Dalam kesempatan itu Relawan GBK menyampaikan beberapa langkah kerja seperti rencana pembentukan 28 koordinator wilayah di seluruh Indonesia.

"Kami telah merumuskan rencana kerja untuk memenangkan pasangan AMIN dalam Pemilu 2024. Saat ini kami terus mematangkan pembentukan koordinator wilayah (Korwil) di 28 titik di seluruh Indonesia. Kami targetkan pembentukan Korwil ini akan tuntas pada akhir bulan ini," ujarnya.

Potensi kecurangan dalam Pemilu, kata Andi juga akan menjadi fokus kerja dari relawan GBK. Menurutnya relawan GBK akan mengawasi kinerja dari penyelenggara Pemilu agar gerak maupun perolehan suara AMIN tidak menjadi sasaran kecurangan oleh pihak-pihak tertentu.

"GBK sudah menyiapkan tim khusus untuk mengantisipasi adanya kecurangan di udara, tentu potensi kecurangan pola lama di darat juga tidak dilupakan," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2345 seconds (0.1#10.140)