Pengamat: Bisikan Jokowi ke Ganjar Mewakili Sebuah Perasaan Bukan Hanya Dukungan

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 12:23 WIB
loading...
Pengamat: Bisikan Jokowi ke Ganjar Mewakili Sebuah Perasaan Bukan Hanya Dukungan
Presiden Jokowi bersama Bacapres Ganjar Pranowo saat Rakernas ke IV PDIP di Kemayoran, Jakarta Pusat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pengamat komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing, menilai bisikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap Bacapres Ganjar Pranowo terkait adanya kata dilantik bukan hanya bentuk dukungan, namun juga sinyal bahwa Ganjar diinginkan jadi suksesornya.

’’Maknanya adalah Jokowi mendukung dan menginginkan Ganjar Pranowo menjadi Presiden mendatang,’’ ujar Emrus dalam Trijaya Hot Topic Petang, Sabtu (7/10/2023).

Dalam ilmu komunikasi, kata Emrus, bisikan adalah lambang non verbal yang menunjukkan kedekatan antar individu, baik secara sosiologis, psikologis, maupun antropologis. ’’Kalau dia (Jokowi) ada hambatan psikologis, hambatan budaya, dan hambatan sosiologis, tidak mungkin membisikkan dekat kuping. Ini menunjukkan bahwa Jokowi merasa dirinya sama dengan Ganjar,’’ jelasnya.



Jokowi seolah memberi kepercayaan pada Ganjar untuk melanjutkan langkah strategis yang telah dia rintis, dalam upaya mencegah krisis pangan di Indonesia. ’’Apalagi ada kalimat ketiga, kalau sudah dilantik gaspol. Berarti peta kognisi Jokowi sudah terbayang bahwa Ganjarlah yang akan dilantik sebagai presiden. Kalau kita bicara psikologi komunikasi, kata-kata ini adalah pesan spontan yang mewakili perasaan Jokowi,’’ tambahnya.

Melihat kecenderungan ini, Emrus memprediksi, dukungan Jokowi terhadap Ganjar ke depan akan semakin konkret. ’’Ini tunggu waktu saja, Kaesang, Gibran dan Bobby juga akan memberikan dukungan bagi Ganjar,’’ pungkasnya.



Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi sangat yakin Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, dapat mendorong kedaulatan pangan. Bahkan, Jokowi sempat berbisik ke Ganjar agar langsung bekerja setelah dilantik sebagai presiden nantinya.

Jokowi mengungkapkan hal itu saat Rakernas IV PDIP bertajuk “Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia” dengan sub tema “Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia”.

"Yang tadi disampaikan Ibu Ketua Umum Bu Mega, semuanya setuju. Lebih setuju lagi apa yang disampaikan capres Ganjar Pranowo," kata Jokowi dalam Rakernas PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 29 September 2023.

"Tadi saya bisik-bisik ke beliau. 'Pak nanti habis dilantik, besoknya langsung masuk, kedaulatan pangan, enggak usah lama-lama, rencananya disiapkan sekarang. Begitu dilantik besok langsung masuk kerja kedaulatan pangan'," sambungnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)