Benarkah Jokowi Dukung Ganjar Pranowo Jadi Presiden ke-8 RI? Ini Buktinya

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 21:47 WIB
loading...
Benarkah Jokowi Dukung Ganjar Pranowo Jadi Presiden ke-8 RI? Ini Buktinya
Presiden Jokowi berbincang dengan Ganjar Pranowo dalam sebuah kesempatan acara PDIP. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Santer isu Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) telah memberikan sinyal dukungan ke Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) 2024. Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perubahan (PDIP) Panda Nababan mengungkapkan dan menjamin bahwa Presiden Jokowi akan mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Tidak ada satu persen pun, satu milimeter pun Jokowi mau beralih dari Ganjar," ucap Panda dalam diskusi Adu Perspektif pada Rabu (4/10/2023).

Pernyataan Panda Nababan itu cukup menegaskan kesetiaan Jokowi dalam mendukung Ganjar sebagai capres. Panda juga mengungkapkan Jokowi dan dirinya ikut terlibat dalam mengajukan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden berikutnya sejak dua tahun lalu.



"Karena apa? Dia ikut komplotan merencanakan mempersiapkan Ganjar jadi calon presiden dua tahun yang lalu. Saya terlibat dengan dia, komplotan juga," tutur Panda.

Hal ini juga mengisyaratkan Jokowi sangat yakin dengan kepemimpinan Ganjar, sehingga bersedia memberikan dukungan penuh untuknya dalam konteks pemilihan presiden yang akan datang.

Sementara itu, Jokowi juga sebelumnya sudah pernah menyiratkan beberapa sinyal yang memang mengarah kepada dukungan pencapresan terhadap Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

Dukungan kepada Ganjar Pranowo agaknya juga disebabkan karena adanya kesamaan antara Jokowi dan Ganjar sebagai anak ideologi PDIP. Hal ini menjadi petunjuk penting sehingga memunculkan pertanyaan apakah Presiden Jokowi merupakan pendukung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.



2 Isyarat Dukungan Presiden Joko Widodo Terhadap Pencapresan Ganjar Pranowo


Sebagai contoh ada 2 sinyal yang menandakan dukungan Jokowi ke Ganjar Pranowo, sinyal tersebut diantara adalah sebagai berikut:

1. Pemimpin dengan Rambut Putih

Presiden Jokowi pernah memberikan isyarat pemimpin berambut putih ketika memberikan pidato di acara Nusantara Bersatu yang diorganisasi oleh Relawan Gerakan Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Sabtu (26/9/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)