Presiden Jokowi Terima Majelis Hukama Muslimin di Istana

Kamis, 05 Oktober 2023 - 18:04 WIB
loading...
Presiden Jokowi Terima Majelis Hukama Muslimin di Istana
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Majelis Hukama Muslimin (MHM) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (5/10/2023). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Majelis Hukama Muslimin (MHM) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (5/10/2023). Kunjungan MHM dimaksudkan untuk menyampaikan telah diresmikannya Kantor Cabang MHM untuk Asia Tenggara yang dibangun di Jakarta.

"Pada tanggal 4 Oktober kemarin baru saja itu telah diresmikan kantor perwakilan untuk organisasi ini untuk kawasan regional yaitu Asia Tenggara dan bermarkas di Jakarta. Tadi tujuan kehadiran beliau adalah sekaligus untuk melaporkan telah berdirinya markas atau kantor perwakilan tersebut," ujar Menko PMK Muhadjir Effendy dalam keterangannya usai mendampingi Presiden dalam pertemuan.



Muhadjir menuturkan bahwa Presiden Jokowi menyambut baik keberadaan Kantor Cabang MHM. Muhadjir menyebut Presiden berharap keberadaan kantor perwakilan di Indonesia dapat membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam membangun semangat kerukunan beragama.

"Bahkan Bapak Presiden tadi juga menyinggung berkaitan dengan hal yang lebih umum misalnya perubahan iklim, global warming, pemanasan global, dan seterusnya," jelasnya.

MHM adalah sebuah badan internasional independen yang dipimpin Grand Syekh Al-Azhar, Imam Akbar Ahmed Al-Tayeb. MHM didirikan di Abu Dhabi pada tahun 2014 dan beranggotakan sejumlah cendekiawan, orang bijak, dan tokoh bangsa yang bercirikan keadilan, kebijaksanaan, dan moderasi.

Hadir dalam pertemuan tersebut yakni Sekretaris Jenderal Majelis Hukama Muslimin Pusat Konselor Mohamed Abdelsalam, Anggota Majelis Hukama Muslimin Pusat sekaligus Ketua Komisi Fatwa Kantor Urusan Agama Islam Dubai Ahmed Al-Haddad, Anggota Majelis Hukama Muslimin Quraish Shihab.



Selanjutnya, Anggota Komite Eksekutif Majelis Hukama Muslimin Pusat TGB Muhammad Zainul Majdi dan Kepala Kantor Majelis Hukama Muslimin Cabang Indonesia di Jakarta Muchlis M Hanafi. Turut hadir juga mendampingi Presiden Jokowi yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)