Jelang HUT ke-78, Begini Sejarah TNI

Rabu, 04 Oktober 2023 - 09:51 WIB
loading...
Jelang HUT ke-78, Begini Sejarah TNI
Sejarah TNI. Foto/SINDOnews/Mushaful Imam
A A A
JAKARTA - Sejarah TNI menjadi informasi penting untuk mengenang awal mula terbentuknya tentara Indonesia. Banyak peristiwa bersejarah yang telah dihadapi TNI.

Setiap tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia atau Hari Tentara Nasional. Pada 5 Oktober 2023 ini merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI.

Tidak ada salahnya untuk mengenang masa lalu tentang militer Indonesia. Berikut sejarah terbentuknya TNI.

Sejarah TNI


Sebelum menyandang nama Tentara Nasional Indonesia, militer Tanah Air terlebih dahulu dikenal sebagai Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang terbentuk pada tahun 1945. Pada saat itu, BKR di bawah kepemimpinan Dr. Sutomo dan Sjahrir.



BKR dibentuk hanya beberapa minggu setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Pembentukan organisasi ini dilakukan sebagai respons terhadap situasi ketidakpastian dan ancaman terhadap keamanan nasional yang ada pada saat itu.

Anggota BKR adalah pejuang-pejuang kemerdekaan yang datang dari berbagai latar belakang dan kelompok. Ada yang merupakan mantan prajurit PETA, dan ada pula sukarelawan yang ingin berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama fase awal kemerdekaan.

Tak berselang lama, nama BKR kemudian diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Pembentukan TKR diumumkan melalui Dekrit Presiden tanggal 5 Oktober 1945. Jenderal Soedirman diangkat sebagai panglima TKR yang pertama.

Dari pembentukan Tentara Keamanan Rakyat pada tanggal 5 Oktober ini yang dijadikan sebagai Hari Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)