Meriahkan HUT ke-78 TNI, 91 Pesawat dan Helikopter Bakal Atraksi di Langit Jakarta

Selasa, 03 Oktober 2023 - 14:52 WIB
loading...
Meriahkan HUT ke-78 TNI, 91 Pesawat dan Helikopter Bakal Atraksi di Langit Jakarta
HUT ke-78 TNI pada 5 Oktober 2023 bakal diwarnai dengan demo udara dan helikopter. Foto/MPI/riana rizkia
A A A
JAKARTA - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) bakal diwarnai dengan demo udara dari matra darat, laut dan udara, dengan melibatkan sebanyak 91 pesawat dan 78 personel.

Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Arif Widianto mengatakan, demo udara akan diawali dengan free fall sebanyak 78 personel TNI dan beberapa anggota Polri. Kemudian fly pass pesawat tempur, yang terdiri dari helikopter membawa bendera raksasa.

"Demo udara ini pertama diawali dengan terjun payung, yang terdiri dari 78 personel. Ini melambangkan bahwa Hari Ulang Tahun ke-78 yang terdiri dari TNI dan Polri," kata Arif Widianto saat geladi bersih menyambut HUT ke-78 TNI di Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2023).



"Kemudian dilanjutkan dengan fly pass pesawat dengan pertama fly pass dari giant flight yang terdiri dari helikopter yang membawa bendera raksasa," sambungnya.

Setelah itu, kata Arif, akan ada fly pass gabungan dari tiga matra yakni darat, laut, dan udara dengan berbagai tipe pesawat yang dimiliki oleh TNI.



"Untuk formasinya dari Jupiter aerobatik, menampilkan tujuh formasi dan kemudian dari aerobatik helikopter pegasus juga menampilkan kolaborasi teaterikal yang ada di bawah," katanya.

Arif menegaskan kesiapan sudah mencapai 95%, dan tinggal menunggu puncak acara pada Kamis, 5 Oktober 2023 mendatang. "Kita sudah hampir 95 persen, karena ini adalah gladi bersih dan tinggal pelaksanaan besok pagi. Kesiapan tinggal pelaksanaan saja," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)