Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Beroperasi, Jokowi: Bacanya Whoosh

Senin, 02 Oktober 2023 - 09:43 WIB
loading...
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Beroperasi, Jokowi: Bacanya Whoosh
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh pada Senin (2/10/2023) pagi. Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meresmikan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh pada Senin (2/10/2023) pagi. Peresmian dilakukan di Stasiun Halim.

"Dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh saya nyatakan dioperasikan," kata Jokowi dalam sambutannya di Stasiun Halim.

Jokowi mengatakan bahwa kereta cepat tersebut akan dinamakan dan dibaca Whoosh. Menjadi kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.





"Kereta cepat Jakarta Bandung ini merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan juga pertama di Asia Tenggara. Dengan kecepatan 350 km per jam, dan kereta cepat ini kita namakan Whoosh, W, h, o, o, s, h, dibaca whoosh," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa nama Whoosh terinspirasi dari suara kecepatan dan memiliki singkatan waktu hemat operasi optimal sistem hebat (Whoosh).

"Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini. Dan singkatan dari waktu hemat operasi optimal sistem hebat. Sekali lagi W, h, o, o, s, h, tapi bacanya whoosh," ungkapnya.

Presiden menekan layar sentuh dan penandatanganan prasasti sebagai simbol peresmian pengoperasian kereta cepat Jakarta-Bandung dengan nama Whoosh.

Usai secara resmi menyatakan pengoperasian, Presiden dan rombongan kembali menjajal Whoosh dari stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri ATR Hadi Tjahjanto, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, serta Direksi KCIC.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)