Fakta-fakta RHA Wiriadinata, Bapak Pasukan Angkatan Udara

Sabtu, 30 September 2023 - 04:39 WIB
loading...
A A A

4. Namanya diabadikan jadi Pangkalan Udara


TNI Angkatan Udara (AU) mengganti nama Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Cibeureum, Tasikmalaya, Jawa Barat menjadi Lanud Wiriadinata pada 2001. Penggantian nama ini berawal dari penggunaan beberapa nama Lanud menjadi nama-nama tokoh yang berjasa di lingkungan TNI AU.

Karena begitu besarnya jasa Wiriadinata kepada TNI AU dan negara, maka Paguyuban Masyarakat Pasundan berkali-kali melakukan rapat, dan akhirnya mengusulkan nama Raden Atje Wiriadinata menjadi nama Lanud di Tasikmalaya.

Pertimbangannya kala itu karena Wiriadinata merupakan sosok kelahiran Jawa Barat dan Tasikmalaya juga pernah menjadi markas Kompi VI Kopasgat, meski Wiriadinata bukan berasal dari Tasikmalaya.

Pada 2009, Komandan Lanud Wiriadinata Letnan Kolonel Penerbang Engkus Kuswara akhirnya menemukan tempat yang tepat untuk pemasangan patung dan prasasti Wiriadinata, yakni sejajar dengan tugu berbentuk sayap burung yang berdiri di depan Mako Lanud Wiriadinata dan diyakini sebagai Prasasti berdirinya Pangkalan Udara Tasikmalaya.

Fakta-fakta RHA Wiriadinata, Bapak Pasukan Angkatan Udara


Selanjutnya, nama Wiriadinata kembali disematkan menjadi nama Bandara Komersil di Kota Tasikmalaya dengan nama Bandar Udara Wiriadinata pada Sabtu, 10 Juni 2017. Peresmian dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau saat Letnan Kolonel Pnb Safeano Cahyo Wibowo menjabat Komandan Lanud Wiriadinata.

Fakta-fakta RHA Wiriadinata, Bapak Pasukan Angkatan Udara


Bentuk penghormatan lainnya adalah nama Wiriadinata disematkan pada Balai Prajurit Korpaskhas di Lanud Sulaiman Bandung, dengan nama Gedung Balai Prajurit Korpaskhas RA Wiriadinata. Hal itu untuk mengingat jasa-jasanya dalam bersama Pasukan Pertahanan Pangkalan (PPP) dan Pasukan Gerak Tjepat (PGT) yang menjadi cikal bakal Korps Pasukan Khas TNI AU (Korpaskhas).

Sekadar informasi, nama Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU diganti oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. Satuan Elite TNI AU ini menjadi Korps Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan yang terbit Jumat 21 Januari 2022.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)