Ganjar: Sektor Pertanian dan Perikanan Bisa Jadi Jalan Indonesia Keluar dari Middle Income Trap

Jum'at, 29 September 2023 - 21:41 WIB
loading...
Ganjar: Sektor Pertanian dan Perikanan Bisa Jadi Jalan Indonesia Keluar dari Middle Income Trap
Bacapres Ganjar Pranowo menyebut bahwa sektor pertanian dan perikanan bisa menjadi salah satu solusi supaya Indonesia keluar dari jebakan ekonomi pendapatan menengah atau middle income trap. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo menyebut bahwa sektor pertanian dan perikanan bisa menjadi salah satu solusi supaya Indonesia keluar dari jebakan ekonomi pendapatan menengah atau middle income trap.

Ganjar menjelaskan saat ini sektor pertanian dan perikanan sudah mampu menyumbang 11 persen untuk produk domestik bruto (PDB). Menurutnya, potensi sumbangan yang lebih besar bisa ditorehkan sektor ini.



"Kalau kita mau konsisten, maka PDB yang kita sumbang dari sektor ini kurang lebih Rp3.000 triliun dengan peningkatan nilai tambah produk. Dan ini akan bisa jadi salah satu jalan Indonesia untuk keluar dari jebakan ekonomi pendapatan menengah," ujar Ganjar dalam sambutan pidato Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Oleh karena itu, Ganjar menekankan tentang pentingnya fondasi pertumbuhan ekonomi yang telah digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk diteruskan, dijaga, dipercepat dan didukung.

"Dan kita harus hati-hati, karena pertumbuhan ekonomi yang sudah dibangun pondasinya begitu kuat oleh Pak Jokowi, mesti kita teruskan, mesti kita jaga, mesti kita percepat, dan mesti kita dukung semuanya," jelasnya.

Dengan begitu, kata dia, momentum untuk menuju Indonesia Emas perlu gerak cepat. Tidak boleh diperlambat.



"Dan momen menuju Indonesia Emas inilah harus dilakukan gerak cepat, gaspoll, tidak bisa kemudian kita pelan-pelan," kata mantan Gubernur Jawa Tengah ini.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)