BMKG Ungkap Faktor Suhu Terik di Jakarta dan Sekitarnya Hari Ini

Kamis, 28 September 2023 - 21:18 WIB
loading...
BMKG Ungkap Faktor Suhu Terik di Jakarta dan Sekitarnya Hari Ini
Warga menggunakan payung di tengah cuaca terik di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (24/4/2023). FOTO/ANTARA/FAUZAN
A A A
JAKARTA - Suhu terik melanda Jakarta dan sekitarnya pada Kamis (28/9/2023) siang. Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengungkap sejumlah faktor yang menjadi penyebab suhu panas terik di Ibu Kota seiring dengan fenomena El Nino.

"Pemanasan sinar matahari cukup optimal yang terjadi pada pagi menjelang siang dan siang hari. Saat ini, posisi semu matahari (pada bulan September) berada tepat di atas khatulistiwa, sehingga penerimaan sinar matahari cukup merata di wilayah Indonesia, termasuk di wilayah Jabodetabek," kata Guswanto kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (28/9/2023).

Guswanto menyebut faktor cuaca cerah dengan tingkat pertumbuhan awan yang minim turut memicu optimalnya pemanasan sinar matahari. "Sehingga radiasi matahari masuk tanpa ada halangan. Seperti diketahui bahwa pertumbuhan awan dapat menghalangi sinar matahari langsung ke permukaan bumi," ucapnya.



Lebih lanjut Guswanto membeberkan suhu udara maksimum di sejumlah wilayah Indonesia dalam 10 hari terakhir berada di kisaran 35-37 derajat Celsius.

"Suhu udara maksimum di wilayah Indonesia 10 hari terakhir terpantau mencapai 35-37 derajat Celsius. Kondisi ini merupakan hal yang biasa dan normal terjadi pada musim kemarau dan periode peralihan musim," tuturnya.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4860 seconds (0.1#10.140)