Pawai Obor dan Khataman Alquran Sambut Ramadan

Kamis, 25 Mei 2017 - 17:03 WIB
Pawai Obor dan Khataman Alquran Sambut Ramadan
Pawai Obor dan Khataman Alquran Sambut Ramadan
A A A
JAKARTA - Lebih dari 10 ribu masyarakat Kota Tangerang meramaikan khataman Alquran dan pawai obor menyambut bulan suci Ramadan. Dalam kegiatan yang digelar Pemerintah Kota Tangerang bersama Nusantara Mengaji ini, masyarakat diajak mengkhatamkan Alquran secara bersama-sama di Masjid Raya Al-A'zham Kota Tangerang kemudian melakukan pawai dengan membawa obor mengelilingi kota.

Koordinator Nasional Nusantara Mengaji, Jazilul Fawaid mengatakan, saat ini perkembangan dunia sangat canggih. Menurutnya segala macam alat informasi dan telekomunikasi ditemukan.

Namun, kata dia, ada hal yang luput dari laju perkembangan dunia tersebut, yaitu tidak ada satu alat pun yang mampu diciptakan untuk menahan hawa nafsu manusia. Dia menambahkan, tidak ada satu alat pun yang mampu meredam kebencian dalam diri manusia.

"Inilah salah satu fungsi Alquran sebagai obat," ujar Jazilul di Masjid Raya Al-A'zham, Kota Tangerang, Rabu, 24 Mei 2017 malam.

Dia menerangkan, dalam konteks inilah, Nusantara Mengaji hadir mengisi zaman modern dengan khataman Alquran. Tujuannya, menurut dia untuk mengendalikan hawa nafsu dan mempersatukan umat serta menghindari hoax dan kebencian.

Hadir dalam kegiatan, sejumlah tokoh nasional. Beberapa di antaranya Menristekdikti M Nasir, dan Dewan Penasihat Nusantara Mengaji Husnul Hakim. Hadir juga Wali Kota Tangerang Arif R Wismansyah dan Wakil Wali Kota Tangerang Sacruddin.

Menristekdikti M Nasir menggarisbawahi pentingnya Alquran untuk mengasah dan menjaga spiritual. Membaca Alquran, tutur dia mempunyai banyak keutamaan antara lain dapat menimbulkan ketenangan. (Baca: Baznas Akui Penerimaan Zakat Paling Besar di Bulan Ramadan)

"Jika jiwa tenang, setengah persoalan hidup akan selesai," tutur M Nasir.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7051 seconds (0.1#10.140)