alexa snippet

Baznas Akui Penerimaan Zakat Paling Besar di Bulan Ramadhan

Baznas Akui Penerimaan Zakat Paling Besar di Bulan Ramadhan
Ilustrasi Ramadhan. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Tingginya keinginan masyarakat membayar zakat di Bulan Ramadhan disadari betul oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Bahkan angkanya bisa mencapai 30-40% perolehan zakat dalam satu tahun yang diterima oleh Baznas.

"Pada umumnya pengumpulan zakat Ramadhan bisa mencapai 30-40% dari total penghimpunan selama satu tahun. Jadi betapa strategisnya Ramadhan bagi organisasi pengelolaan zakat. Baik itu Baznas maupun LAZ (lembaga amil zakat)," ujar Ketua Baznas Bambang Sudibyo saat menggelar konferensi pers, di kantornya, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Oleh karena itu menurut Bambang, momentum datangnya Ramadhan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Meskipun Baznas sendiri punya tanggungjawab untuk memastikan pendistribusian yang tepat dan transparan kepada para pemberi zakat (muzakki).

"Sukses pendistribusian akan mengantarkan pada proses penghimpunan, pada umumnya seperti itu. Muzakki akan percaya kepada lembaga amil zakat yang sukses menyalurkan zakatnya sesuai syariah," tambah Bambang.

Direktur Pendistribusian dan Penerimaan Baznas, Nasir Tajang mengatakan, terkait program Ramadhan 1438 H pihaknya telah menyiapkan dana sebesar Rp2,4 miliar dengan target penerima manfaatnya mencapai 23.150 orang.

Jumlah itu sejalan dengan target Baznas di 2017 yang berharap bisa menyalurkan zakat kepada 8 juta orang penerima manfaat. "Atau 9% dari jumlah orang miskin yang ada di Indonesia," ucap Nasir.

Nasir menambahkan, sesuai penerimaan zakat di Ramadhan yang mencapai 30-40% (dari total penerimaan pertahun) maka penyalurannya juga akan sama. "Jadi akan ada penerimaan dan penyaluran hingga 30% pada bulan puasa ini," tambah dia.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top