Jokowi Groundbreaking National Training Center di IKN, Jadi Pusat Inovasi Pengembangan Sepak Bola Indonesia

Jum'at, 22 September 2023 - 11:28 WIB
loading...
Jokowi Groundbreaking National Training Center di IKN, Jadi Pusat Inovasi Pengembangan Sepak Bola Indonesia
Presiden Jokowi meletakan batu pertama atau groundbreaking National Training Center di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023). FOTO/SETPRES
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meletakan batu pertama atau groundbreaking National Training Center di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023). Tempat ini tidak hanya menjadi pusat pelatihan tetapi juga akan menjadi pusat inovasi pengembangan sepak bola Indonesia.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini groundbreaking national training center secara resmi saya nyatakan dimulai," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (22/9/2023).

Jokowi mengatakan, Indonesia telah memiliki banyak stadion bertaraf internasional sejumlah kota. Namun belum memiliki tempat latihan yang terpusat dan terintegrasi.



"Sehingga Timnas kalau latihan pindah-pindah. Oleh sebab itu, alhamdulillah pada pagi hari ini akan kita groundbreaking Nasional Training Center untuk sepak bola Indonesia," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, Nasional Training Center dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektare. Di dalamnya akan ada 8 lapangan dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya dan terintegrasi dengan pembangunan IKN.

"Pusat pelatihan ini akan dilengkapi dengan asrama juga dengan lingkungan yang tadi kita lihat digambar sangat indah dan sangat cantik. Kita harapkan nanti yang training di sini betah dan jauh dari keramaian, tidak seperti Jakarta, pagi latihan, malemnya nggak latihan kalau di Jakarta. Kalau di sini nggak, kalau malam tetap latihan," ujar Jokowi.

National Training Center tidak hanya menjadi pusat pelatihan tetapi juga akan menjadi pusat inovasi pengembangan sepak bola Indonesia. Serta memfasilitasi riset dan pengujian teknologi terbaru dalam olahraga sepak bola.



Jokowi menyampaikan terima kasih kepada FIFA yang telah memberikan dukungan pendanaan kepada PSSI sebesar Rp85,6 miliar kepada PSSI. Pendaan FIFA ini yang terebsar di Asia Tenggara.

"Juga dukungan dari pemerintah, ini kalau nggak kita sebut nanti dipikir kita nggak memberi dukungan pada PSSI. Dukungan pemerintah juga tidak kecil yaitu sebesar Rp95 miliar yang sudah disetujui oleh Menteri Keuangan. Nanti kalau kurang ditambahi lagi, sehingga barang ini Nasional Training Center untuk sepak bola ini segera bisa diselesaikan," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3312 seconds (0.1#10.140)