Penguatan Pemda Jadi Upaya KPK Cegah Korupsi di Daerah

Kamis, 21 September 2023 - 05:12 WIB
loading...
A A A
Sementara Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian yang diundang untuk memberikan materi pelatihan, memberikan kisah Jaksa Agung yang legendaris Baharuddin Lopa yang menurutnya ada satu hal yang bisa diambil pelajarannya dari kisah sang Jaksa.

"Pak Baharuddin Lopa (Barlop) memiliki kejujuran yang luar biasa. Banyak kisah-kisah kejujuran yang beliau contohkan dan bisa jadi pelajaran untuk saya," ujar Ary.

Ia lalu mengisahkan saat Baharuddin Lopa terkejut karena setalah dari suatu tempat kunjungan bensin mobilnya sudah terisi penuh. Saat ditanya kepada sopirnya ternyata sudah diisi oleh pejabat yang tadi dikunjungi. Saat itulah, Baharuddin Lopa memerintahkan sopirnya untuk menyedot dan mengembalikan bensinnya.

"Di saat itulah saya paham bahwa Pak Barlop menunjukkan integritas yang luar biasa dengan tindakan jujur dan tanggung jawabnya. Bahkan ketika bensin sudah diisi penuh tanpa sepengetahuannya. Beliau perintahkan untuk mengosongkannya kembali," jelas Ary.

"Dari kisah ini mengajarkan bahwa kejujuran dan komitmen terhadap nilai-nilai menjadi landasan yang penting dalam kehidupan sehari-harinya Pak Barlop. Semoga kita semua bisa mencontoh Beliau," tutupnya.

Untuk diketahui, pelatihan ini diikuti oleh 24 pejabat negara dari 12 kabupaten/kota yang terdiri dari para Penjabat Bupati, Wali kota, dan Ketua DPRD beserta pasangan.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)