5 Fakta Mayjen Soekertijo, Jenderal Bintang Dua yang Berjuang Melawan Agresi Militer I dan II

Rabu, 20 September 2023 - 10:46 WIB
loading...
A A A
Usai pendidikannya selesai, ia kembali ke Probolinggo untuk bergabung dengan Daidan Probolinggo yang merupakan bagian dari Batalion 5 Karesidenan Malang. Semenjak bergabung ke PETA, ia tergolong sebagai perwira yang berjasa dalam membentuk dasar-dasar penting bagi perkembangan militer Indonesia.

4. Ikut Serta dalam Melawan Agresi Militer I dan II


Pada September 1945 tentara sekutu pernah mendarat di Surabaya dan dibonceng tentara Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia. Mendengar kabar tersebut Arek-arek Suroboyo, termasuk Soekertijo mulai melakukan perlawanan.

Kompi Soekertijo yang memiliki kekuatan 1,5 regu berusaha menghadang gerakan pasukan musuh di perlintasan kereta api Klakah. Namun usahanya gagal lantaran musuh menggunakan kendaraan lapis baja.

Pelan tapi pasti, Kompi Soekertijo pun berusaha untuk menembus gunung Kobong melewati gunung Sawur dan Kertosari pada siang hari. Melihat aksi perlawanan yang sangat hebat, mental musuh pun mulai menciut dan mengakui kedaulatan Indonesia dengan perundingan KMB (Konferensi Meja Bundar).

5. Banyak Menduduki Posisi Penting di TNI AD


Sebelum pensiun pada tahun 1979, Soekertijo tercatat sebagai perwira tinggi yang menduduki banyak posisi strategis kemiliteran. Beberapa di antaranya seperti Pangdam Udayana, Pangdam Mulawarman dan Pembantu Pribadi Kepala Staf Angkatan Darat.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)