5 Fakta Mayjen Soekertijo, Jenderal Bintang Dua yang Berjuang Melawan Agresi Militer I dan II

Rabu, 20 September 2023 - 10:46 WIB
loading...
5 Fakta Mayjen Soekertijo, Jenderal Bintang Dua yang Berjuang Melawan Agresi Militer I dan II
Mayjen Soekertijo pernah menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana pada tahun 1966 hingga 1970. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Soekertijo merupakan salah satu perwira tinggi (pati) TNI yang ikut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sejak masuk kemiliteran, ia telah banyak berperan dalam menjaga kedaulatan negara.

Soekertijo juga memiliki sepak terjang yang bagus dalam kemiliteran. Selama menempuh pangkat sebagai jenderal bintang dua, ia juga pernah menjabat di beberapa posisi strategis TNI Angkatan Darat.

Di tengah kariernya yang moncer, Soekertijo harus pensiun dari dunia militer pada tahun 1979. Untuk mengenal lebih banyak tentang jenderal yang satu ini, simak beberapa fakta berikut ini.

Fakta Mayjen Soekertijo


1. Pernah Menjadi Pangdam Udayana


Mayjen Soekertijo pernah menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana pada tahun 1966 hingga 1970. Kala itu, dirinya ditugaskan oleh Panglima TNI untuk menggantikan Brigjen TNI Sjafiudin.



Selama masa jabatannya, ia memimpin Kodam IX/Udayana dengan penuh dedikasi dan keberanian. Kontribusinya yang luar biasa dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut sangat dihargai.

2. Pernah Menjabat sebagai Pangdam Mulawarman ke-5


Usai menduduki posisi Pangdam Udayana, Soekertijo diketahui melanjutkan kariernya sebagai Pangdam Mulawarman. Ia tercatat menduduki jabatan tersebut selama satu tahun, mulai 1970-1971.

Kala itu, Soekertijo ditunjuk untuk menduduki jabatan tersebut untuk menggantikan Brigjen TNI Mung Parhadimulyo. Selepasnya, ia melanjutkan karier sebagai Asisten IV/Logistik Kepala Staf TNI Angkatan Darat mulai tahun 1971-1974.

3. Pernah Menjadi Anggota PETA


Soekertijo mengawali karier militernya dengan menjadi anggota PETA (Pembela Tanah Air) yang merupakan paramiliter yang didirikan oleh Jepang. Ia mengikuti pendidikan shodanco (komandan peleton) PETA di Bogor pada tahun 1944.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)