Pantau Politik Ekonomi, Jokowi Tiap Pagi Sarapan Data-data Intelijen

Selasa, 19 September 2023 - 08:27 WIB
loading...
Pantau Politik Ekonomi, Jokowi Tiap Pagi Sarapan Data-data Intelijen
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku rutin menerima laporan intelijen seputar politik, ekonomi, hingga sosial. Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengaku rutin menerima laporan intelijen seputar politik, ekonomi, hingga sosial. Jokowi mengakui setiap pagi menerima data-data intelijen.

"Ya saya itu secara rutin mendapatkan laporan mengenai hal yang berkaitan dengan politik, yang berkaitan dengan ekonomi, yang berkaitan dengan sosial selalu mendapatkan informasi itu," kata Jokowi di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (19/9/2023).

Jokowi mengakui menerima laporan-laporan tersebut dari Polri, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI. "Baik dari intelijen di BIN, di BAIS mengenai keamanan, di kepolisian BIG (data) atau dari aliran dana dari PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, red) semuanya saya dapat," kata Jokowi.



Bahkan, Jokowi menyebut data atau laporan intelijen tersebut merupakan sarapan setiap pagi dirinya. Menurutnya, hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan.

"Makanan sehari-hari saya. Hasil survei mereka data-data, angka-angka semuanya. Pagi-pagi itu sarapan saya angka-angka data-data. Apa itu laporan-laporan rutin seperti itu, apa, kenapa," kata Jokowi sambil tertawa.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku mengetahui segala hal yang ada di dalam partai politik (parpol), pembahasan, dan tujuan politik partai dalam strateginya menjelang Pemilu 2024. Jokowi mengatakan, memiliki banyak informan dari intelijen, entah itu berasal dari Polri, Badan Intelijen Negara (BIN) ataupun intelijen dari Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI

"Saya tahu dalamnya partai seperti apa, saya tahu, partai-partai seperti apa saya tahu, ingin mereka menuju kemana saya tahu. Informasi yang saya terima dari intelijen saya ada, BIN, dari intelijen di Polri ada, dari intelijen TNI saya punya, BAIS," kata Jokowi di acara Relawan Seknas di Kota Bogor, Sabtu (16/9/2023).
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)