Disebut di Depan Relawan, Kode Dukungan Jokowi ke Erick Thohir untuk Maju di 2024

Selasa, 19 September 2023 - 01:00 WIB
loading...
Disebut di Depan Relawan, Kode Dukungan Jokowi ke Erick Thohir untuk Maju di 2024
Presiden Jokowi memberikan sinyal dukungan untuk Menteri BUMN Erick Thohir agar maju sebagai Cawapres di Pilpres 2024. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) semakin getol memberikan sinyal dukungan untuk Menteri BUMN Erick Thohir agar maju sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pilpres 2024. Kode sinyal dukungan ini diberikan Jokowi saat menghadiri Rembug Nasional Relawan Solidaritas Merah Putih (Solmet) di Bogor, Jawa Barat.

Dalam momen tersebut, Jokowi memberikan pernyataan untuk mempersilakan jika para relawan ingin memanaskan mesin politik. Dalam pernyataan itu, ia menyebut nama Erick Thohir terkait dengan memanaskan mesin.

"Kalau ingin memanaskan mesin ya silakan, mesinnya dipanaskan, tapi jangan dijalankan dulu. Internal struktur relawan diperkuat, jangan tergesa-gesa. Erick Thohir, ya gak apa-apa, wong namanya demokrasi, bersuara gak apa-apa,” kata Jokowi.



Menanggapi hal tersebut, pengamat politik sekaligus Guru Besar FISIP Universitas Airlangga Hotman Siahaan mengatakan, hal itu menjadi peluang untuk Erick Thohir yang sangat diizinkan untuk mengikuti kontestasi demokrasi mendatang. Terlebih, Erick Thohir merupakan menteri yang dipercayai oleh Jokowi. "Bisa saja itu menjadi kode dukungan, mengingat kedekatan Pak Jokowi dengan Erick Thohir semakin erat," katanya, Senin (19/9/2023).



Seperti diketahui, Erick Thohir memang memiliki kedekatan hubungan dengan Jokowi bahkan sebelum memasuki dunia pemerintahan. Ia memiliki jasa yang sangat besar kepada Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, salah satunya menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) yang sukses memenangkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 lalu.

Hotman juga mengungkapkan Erick Thohir diyakini bisa meneruskan program dan pembangunan yang sudah dilakukan oleh Jokowi di pemerintahan Indonesia. Hal itu dikarenakan Erick Thohir merupakan pemimpin yang sering diandalkan oleh Jokowi di Kabinet Indonesia Maju. "Banyak orang tahu kalau Erick Thohir salah satu Menteri unggulan Jokowi," ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)