Semakin Percaya Diri di Forum Dunia, Jokowi: Indonesia Negara Besar Bukan Kaleng-kaleng

Sabtu, 16 September 2023 - 14:53 WIB
loading...
Semakin Percaya Diri di Forum Dunia, Jokowi: Indonesia Negara Besar Bukan Kaleng-kaleng
Presiden Jokowi menegaskan, Indonesia negara besar dan bukan negara kaleng-kaleng. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan saat dirinya terlibat dan bergabung dalam forum-forum dunia. Di mana ketika awal menjabat presiden, dirinya hanya datang di acara tersebut. Tetapi kini, dirinya lebih percaya diri dengan minta posisi duduk yang lebih baik.

"Saat awal-awal jadi presiden datang ke KTT ASEAN, datang ke KTT G20, bergaul dengan para pemimpin ASEAN di G20 posisi kita. Tapi sekarang saya minta, saya berani minta karena bergaining (tawar-menawar) posisi kita yang baik, mendapat tempat duduk di sini, saya bisa," ucap Jokowi di acara relawan Seknas Jokowi, Kota Bogor, Sabtu (16/9/2023).

Kini, dalam forum-forum dunia itu Jokowi ingin memastikan lebih atas posisinya saat ini. Walaupun masih diiringi rasa khawatir tetapi dirinya percaya diri bahwa Indonesia tidak bisa terus dipandang sebelah mata.

"Saya hanya ingin mencoba melihat posisi kita ini ada di mana, kuat atau tidak kuat. Dipercaya atau tidak percaya, sulitnya di situ, kalau kita enggak dipercaya, kita minta tetap di pinggir, paling tidak, tidak di kanan atau di kiri tuan rumah agak deket-deket lah," tutur Jokowi.



Jokowi menegaskan, jika tidak dalam posisi duduk yang strategis dalam forum-forum dunia, Jokowi mengatakan tidak akan datang. Bagi Jokowi itu bisa membuktikan pada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar. "Kalau enggak, saya enggak mau datang, saya bicara seperti itu, ini menunjukkan negara besar Indonesia negara besar bukan negara kaleng-kaleng kita ini," ucap Jokowi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)