Untuk Bawa Indonesia Menjadi Negara Maju, Ganjar Pranowo: Harus Ada Teladan agar SDM Bisa Dimanfaatkan Optimal

Sabtu, 16 September 2023 - 08:15 WIB
loading...
Untuk Bawa Indonesia Menjadi Negara Maju, Ganjar Pranowo: Harus Ada Teladan agar SDM Bisa Dimanfaatkan Optimal
Bakal Calon Presiden (Bacapres) yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo. Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Presiden (Bacapres) yang didukung Partai Perindo , Ganjar Pranowo menilai perangkat sistem dan Sumber Daya Manusia (SDM) saja tak cukup untuk membawa Indonesia menjadi negara maju.

"Harus ada teladan bagaimana sebuah sistem yang baik, SDM yang unggul bisa dimanfaatkan secara optimal. Dan kita semua sangat bisa dijadikan sebagai teladan," ungkap Ganjar dalam cuplikan video yang diunggah di akun Instagramnya, @ganjarpranowo, dikutip Sabtu (16/9/2023).

Mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) ini pun mengatakan, kita kerap menonjolkan perasaan sempurna dan tak ada salah. "Perasaan seperti itu salah. Kita perlu mengakui untuk memperbaiki kekurangan," katanya.

"Apakah dengan regulasi, apakah dengan improvment dari sistem yang sudah ada atau kah barang kali ganti orang, karena aktor itu ternyata menjadi penting," sambungnya.

"Saya tanya kepada masyarakat, apa kemudian yang Anda harapkan? Pemerintah bersih Pak," tambahnya.


Menurutnya, transformasi pemerintahan bersih itu tidak bisa diciptakan hanya dengan membangun sistem. "Sistem itu bisa diciptakan komparasinya banyak, pengalamannya banyak, tetapi top leadernya melakukan apa enggak," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)