Jokowi Minta Anak Muda Tumbuhkan Optimisme Hadapi Disrupsi Teknologi

Jum'at, 15 September 2023 - 10:33 WIB
loading...
Jokowi Minta Anak Muda Tumbuhkan Optimisme Hadapi Disrupsi Teknologi
Presiden Jokowi meminta kepada anak muda untuk menumbuhkan optimisme dalam menyongsong dan menghadapi disrupsi teknologi. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi perihal dirinya yang disebut-sebut hanya menakut-nakuti masyarakat terkait tantangan ke depan. Salah satunya dengan menyampaikan berbagai macam krisis.

Jokowi menegaskan, tidak pernah takut dan masyarakat tidak perlu takut mengenai tantangan berbagai macam krisis ke depan.

"Banyak orang bilang, saya ini kalau cerita soal potensi tantangan-tantangan ke depan soal krisis, baik krisis energi, krisis pangan, krisis ekonomi, soal disrupsi teknologi, banyak yang bilang presiden itu nakut-nakutin saja. Dan kelihatan presiden itu terlalu khawatir. Endak, ndak seperti itu. Saya tidak pernah takut dan saya tidak pernah khawatir mengenai yang tadi saya sampaikan, mengenai krisis energi, krisis pangan, mengenai disrupsi teknologi, endak," kata Jokowi saat Dies Natalis ke-60 IPB, Jumat (15/9/2023).

Menurut Jokowi, jika dirinya khawatir tantangan ataupun disrupsi teknologi tetap akan datang menghampiri Indonesia. Jokowi menegaskan, tidak ada gunanya masyarakat takut karena memang saat ini perubahan begitu sangat cepat.



"Karena kalau saya khawatir, kita khawatir, disrupsi teknologi juga akan datang dan sudah datang. Kenapa kita harus takut? kita juga tidak perlu khawatir karena disrupsi teknologi juga tetap datang dan akan datang, setiap hari perubahannya begitu sangat cepatnya, jadi apa gunannya kita khawatir, apa gunanya kita takut," kata Jokowi.

Terkait penggunaan Artificial Intelligent (AI) dalam sebuah pekerjaan, Jokowi meminta masyarakat tidak perlu khawatir. Manusia, harus bisa mencari solusi bukan takut semata dengan kehadiran mesin-mesin tersebut.



"Banyak yang menyampaikan ini nanti urusan ketenagakerjaan akan diambil alih oleh mesin-mesin cerdas, enggak, enggak seperti itu. Jadi tidak perlu takut dan tidak pelu khawatir. Kalau saya, lebih seneng lebih suka ya kita tahu tantangan ke depan, ya kita paham sulitnya, apa yang akan kita hadapi ke depan. Oleh sebab itu kita lakukan ini, kita lakukan ini, kita lakukan ini. solusinya begini, solusinya begini, solusinya begini," tambahnya.

Jokowi meminta kepada masyarakat khususnya anak-anak muda untuk menumbuhkan optimisme dalam menyongsong era disrupsi teknologi saat ini. "Jadi sekali lagi kita tidak perlu khawatir dan kita tidak perlu takut, kita songsong disrupsi teknologi dengan tadi yang sudah disampaikan oleh Prof Arif tadi secara gamblang dan menumbuhkan optimisme kita bahwa kita mampu, kita bisa," tegasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2099 seconds (0.1#10.140)