Bincang Fesyen Indonesia di KJRI Cape Town Bikin Takjub Peserta Afrika Selatan

Kamis, 14 September 2023 - 02:51 WIB
loading...
Bincang Fesyen Indonesia di KJRI Cape Town Bikin Takjub Peserta Afrika Selatan
Bincang Fesyen Indonesia bertajuk Indonesian Fashion Talk (IFT) yang digelar di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), Cape Town, Afrika Selatan (Afsel) pada Selasa (12/9/2023) waktu setempat membuat takjub peserta Afsel. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bincang Fesyen Indonesia bertajuk Indonesian Fashion Talk (IFT) yang digelar di Konsulat Jenderal Republik Indonesia ( KJRI ), Cape Town, Afrika Selatan (Afsel) pada Selasa (12/9/2023) waktu setempat membuat takjub peserta Afsel. Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan promosi fesyen Indonesia melalui Thread of Indonesia yang merupakan kolaborasi antara Kedutaan Besar RI Pretoria, Konsulat Jenderal RI Cape Town, dan Indonesian Trade Promotion Center Johannesburg.

Dua desainer dihadirkan dalam acara tersebut, yakni Jessica Febiani (Jessica MoreToSee) dan Anita Gathmir (Puta Dino Kayangan). Jessica Febiani menampilkan desain batik kontemporer dengan tagline Act Globally-Love Locally.

Sedangkan Anita Gathmir menampilkan koleksi berbahan dasar tenun Tidore yang dinamai Motif Tuan Guru dengan hubungan historis erat dengan kaum Cape Malay di Afrika Selatan.



Dalam sambutannya, Konjen RI Cape Town Tudiono menyampaikan bahwa selain menyajikan pakaian yang cantik dan anggun Indonesia, kegiatan ini menjadi peluang untuk kolaborasi serta kemitraan bisnis dan berharap membuka jalan bagi pasar produk pakaian, tekstil, tenun Indonesia di Afrika Selatan.

Bincang Fesyen Indonesia di KJRI Cape Town Bikin Takjub Peserta Afrika Selatan

“Para desainer menyampaikan latar belakang brand fesyen yang dimiliki oleh mereka, dan inspirasi mereka dalam berkarya. Mereka menyampaikan aspirasi pula untuk dapat membawa produk mereka ke dalam market fesyen Afrika Selatan,” ujar Tudiono dalam keterangan tertulis, Rabu (13/9/2023).

IFT kemudian dilanjutkan dengan Fashion Show yang menampilkan karya terkini para desainer. “Banyak peserta yang ungkapkan ketakjuban akan produk-produk fesyen yang ditampilkan kedua desainer terutama cerita-cerita, sejarah dan makna di balik keindahan karya-karyanya,” ujar Tudiono.

Bincang Fesyen Indonesia di KJRI Cape Town Bikin Takjub Peserta Afrika Selatan


Hadir pada Indonesian Fashion Talk di antaranya perwakilan dari komunitas Cape Malay di wilayah Cape Town dan sekitarnya serta anggota organisasi International Woman’s Club (IWC) Cape Town, serta hadir secara virtual para diaspora Indonesia di berbagai belahan dunia dan pakar di bidang fesyen dan entertain, salah satunya Anwar Fuady, Ketua Umum Parsi dan Perfilman Nasional Indonesia.

IFT mendapat dukungan dari Sultan Tidore. Dalam pernyataan secara virtual, Sultan Tidore sangat mendukung kegiatan promosi tekstil dan kain tenun yang diselenggarakan oleh KBRI, KJRI, dan ITPC.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)