Cak Imin Sebut PKB dan PKS Tak Pernah Kedepankan Politik Identitas

Selasa, 12 September 2023 - 17:04 WIB
loading...
Cak Imin Sebut PKB dan PKS Tak Pernah Kedepankan Politik Identitas
Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyebut partainya dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak pernah mengedepankan politik identitas. Foto/Danandaya
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyebut partainya dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak pernah mengedepankan politik identitas. Namun, kata politikus yang akrab disapa Cak Imin itu, kedua partai politik ini punya identitas masing-masing.

"Kita sudah punya track record di DPR bersama PKS, tidak pernah mengedepankan politik identitas tapi kita tidak bisa melepas dari identitas masing-masing," kata Cak Imin di Kantor DPTP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2023).

Cak Imin menambahkan, PKB dan PKS di DPR bertahun-tahun dan sama-sama tidak pernah mengadu identitas. "Tetapi kami mempunyai identitas masing-masing yang insyaallah akan menjadi kekayaan dan perbedaan itu memperkaya, perkuat kebinekaan Indonesia," katanya.

Cak Imin yang telah di deklarasikan menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Anies Baswedan itu melihat dengan adanya PKS dan PKB justru menambah daya dongkrak kemenangan di Pilpres 2024. Dirinya juga tak ingin pesta demokrasi 2024 nantinya melahirkan perpecahan di masyarakat. "Soal basis dukungan bahwa PKS PKB memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing di dalam basis dukungan," katanya.



Di tempat yang sama, Presiden PKS Ahmad Syaikhu merasa tidak khawatir duet Anies-Cak Imin akan dikaitkan dengan politik identitas saat kontestasi Pilpres 2024. Menurutnya, hadirnya Cak Imin sebagai pendamping Anies merupakan perpaduan religius dan nasionalis.

"Tentu kami juga enggak menjadi khawatir bahwa ini menjadi politik identitas ya. Saya kira ini perpaduan partai yang mungkin memiliki basis keumatan dan basis nasionalisme," kata Syaikhu.

Syaikhu mengatakan, Koalisi Perubahan justru akan membuat suasana pesta demokrasi menjadi damai. Sebab dirinya tak ingin kisruh seperti Pemilu 2019 kembali terulang di Pilpres 2024.

Terkait dukungan terhadap Cak Imin yang mendampingi Anies di Pilpres 2024, pihaknya masih akan menggelar musyawarah majelis syura. Syaikhu berjanji akan menyampaikan apa yang disampaikan pasangan itu musyawarah majelis syura.

"Saya kira suasana yang terjadi di dalam ruangan ini insyaallah ini akan saya sampaikan kepada musyawarah majelis syura dalam waktu dekat ini. Itu bahwa kita semakin erat, semakin memiliki chemistry dan inilah suasana yang insyaallah yang akan kita coba laporkan pada majelis syura," pungkasnya.

Diketahui, pasangan Anies-Cak Imin hari ini bersilaturahmi ke Kantor DPTP PKS. Namun, PKS masih belum mendeklarasikan Cak Imin sebagai cawapres, sebab masih akan menggelar musyawarah majelis syura.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)