Periksa Tersangka Dito Mahendra, KPK Akan Koordinasi dengan Polri

Sabtu, 09 September 2023 - 12:50 WIB
loading...
Periksa Tersangka Dito Mahendra, KPK Akan Koordinasi dengan Polri
KPK bakal berkoordinasi dengan Bareskrim Polri terkait dengan pemeriksaan tersangka Dito Mahendra. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal berkoordinasi dengan Polri terkait dengan pemeriksaan tersangka Dito Mahendra. Sebab, keterangan Dito dibutuhkan untuk proses penyidikan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) mantan Sekretaris MA, Nurhadi (NHD).

"Kami akan berkoordinasi dengan Bareskrim Polri, untuk meminta keterangan Saudara Dito Mahendra terkait perkara yang sedang kami tangani," kata Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur saat dikonfirmasi, Sabtu (9/9/2023).

Sekadar informasi, Dito Mahendra merupakan salah satu saksi penting dalam kasus TPPU Nurhadi. KPK bahkan sudah sempat menggeledah rumah Dito Mahendra di Jalan Erlangga V, Nomor 20 Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Senin, 13 Maret 2023, lalu.



Hasil penggeledahan di rumah Dito tersebut ditemukan 15 pucuk senjata api berbagai jenis. Temuan senpi tersebut kemudian diserahkan proses izin serta hukumnya ke Bareskrim Polri, hingga akhirnya Dito ditetapkan sebagai tersangka.

KPK bukan mencari objek senjata api di rumah Dito. KPK sedang mencari aset pencucian uang mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi yang dititipkan ke Dito. KPK juga sudah kerap memanggil Dito untuk dimintai keterangannya terkait pencucian uang Nurhadi.



Namun, Dito kerap mangkir saat dipanggil KPK. Dito tercatat sudah tiga kali mangkir alias tidak memenuhi panggilan pemeriksaan KPK. KPK kemudian mencegah Dito Mahendra untuk bepergian ke luar negeri selama enam bulan ke depan hingga Oktober 2023.

Saat ini, Dito telah berhasil ditangkap Bareskrim Polri di daerah Bali, pada Jumat, 8 September 2023. Dito juga telah dilakukan upaya penahanan oleh Polri atas kasus kepemilikan senjata api ilegal.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)