Menko Airlangga Dampingi Presiden Jokowi Hadiri KTT G20 ke New Delhi

Sabtu, 09 September 2023 - 11:18 WIB
loading...
Menko Airlangga Dampingi Presiden Jokowi Hadiri KTT G20 ke New Delhi
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto turut mendampingi Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi dalam kunjungan kerja ke New Delhi, India, hadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi G20. (foto: Sindonews)
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto turut mendampingi Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi dalam kunjungan kerja ke New Delhi, India. Rombongan Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri ini untuk menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas dari Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 14.45 WIB. Momen keberangkatan Jokowi, Iriana Jokowi, Airlangga, dan rombongan lain diabadikan dalam Instagram resmi Presiden Jokowi.

Dalam unggahannya di Instagram bercentang biru, Presiden mengaku akan menghadiri rangkaian KTT G20 dan menggelar sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara.

"Saya hendak melaksanakan sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara. Mohon doa dari seluruh rakyat semoga perjalanan ini dimudahkan dan membawa kemaslahatan bagi Indonesia," tulis Jokowi di Instagram resminya, dikutip Jumat (8/9/2023).

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku membawa sejumlah agenda dan komitmen pada rangkaian KTT G20 di India. Salah satu yang akan dibawa pemerintah Indonesia adalah terkait stabiitas dan perdamaian.

“Saya berangkat ke G20 Summit di India dan komitmen apa yang akan kita bawa ke sana, menurut saya stabilitas dan perdamaian adalah kunci kemakmuran bahwa dunia membutuhkan safe house,” kata Jokowi usai rangkaian KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), pada Kamis (7/9/2023).

Presiden juga mengaku akan membawa prioritas kolaborasi dan kerja sama dan komitmen menyuarakan kepentingan negara berkembang.

"Kolaborasi, kerja sama itu harus diutamakan, dan Indonesia akan terus menyuarakan kepentingan negara berkembang terkait inklusifitas dan hak-hak untuk mensejahterakan rakyatnya termasuk di dalamnya industrial down streaming,” ujar Jokowi.

Sementara, Menko Airlangga menegaskan, Pemerintah Indonesia membawa misi besar dalam agenda KTT G20. Salah satunya untuk memperkuat kerja sama di bidang perekonomian.

"Di KTT India nanti Indonesia akan terus berupaya menjalin kerja sama dengan negara-negara lainnya dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang ekonomi. Sehingga nantinya pembangunan akan terus terjadi dan masyarakat akan sejahtera," tutur Ketua Umum DPP Partai Golkar ini.

Selain Menko Airlangga, turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju New Delhi yakni, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Selanjutnya, ada juga Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Saat lepas landas penerbangan Jokowi dan Airlangga ke KTT G20, terlihat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melepas keberangkatan Presiden Jokowi dan rombongan. Selain itu juga terlihat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1798 seconds (0.1#10.140)