Panglima TNI Sebut Rekayasa Cuaca Bantu Jakarta Cerah saat KTT ASEAN

Jum'at, 08 September 2023 - 01:28 WIB
loading...
Panglima TNI Sebut Rekayasa Cuaca Bantu Jakarta Cerah saat KTT ASEAN
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengungkapkan alasan cuaca Jakarta terpantau cerah di saat pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN sejak 5-7 September 2023. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengungkapkan alasan cuaca Jakarta terpantau cerah di saat pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN sejak 5-7 September 2023. Hal ini dikarenakan adanya rekayasa cuaca yang dilakukan oleh BMKG, dia pun berterima kasih atas rekayasa tersebut.

"Saya ucap terima kasih kepada BMKG karena kemaren memang saat awal akan diadakan TMC ternyata enggak ada awan. Sehingga dilaksanakan penyiraman di ketinggian 2.000 sampai 5.000 termasuk di area VIP ini," ujar Yudo kepada wartawan di Jakarta, Kamis (7/9/2023).



Walaupun rekayasa cuaca tidak terlihat secara signifikan. Namun dia menegaskan, rekayasa tersebut dapat membuat cuaca Jakarta menjadi lebih baik.

"Kemarin sudah saya izinkan sehingga telah dilaksanakan sehingga cuacanya mungkin lebih baik dari yang kemarin-kemarin. Memang tidak terasa karena tidak hujan tapi sebenarnya sudah dilaksanakan penyiraman oleh BMKG," jelasnya.

Sebelumnya, dia memastikan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo turut meninjau Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) TNI. Dia pun memastikan pengamanan KTT ke-43 ASEAN dapat berjalan lancar sesuai rencana.

"Jadi Alhamdulillah dari awal sampai siang ini kita dapat mengendalikan semua kegiatan keamanan untuk PAM di KTT 43 ASEAN ini dengan lancar," katanya.

Adapun pengamanan dilakukan baik udara, laut, hingga darat dijalankan dengan baik. Pengamanan terus dipantau mulai dari awal kedatangan hingga kepulangan delegasi ke negara masing-masing.

"Dan tentunya kita bersama-sama dengan Polri, BSSN, dengan BIN dan juga stakeholder yang lain. Termasuk PMK juga dari jasa marga semuanya bersama-sama untuk mengamankan semua kegiatan ini," paparnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan hal yang sama dimana pengamanan KTT ke-43 ASEAN berjalan dengan baik. Sebelumnya dirinya melaksanakan kegiatan pemantauan langsung dari command centre di lapangan pengendalian kendali operasi terkait dengan pembagian ring yang ada.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)