6 Purnawirawan Jenderal TNI-Polri yang Menjadi Pj Gubernur se-Indonesia, Nomor Terakhir Pernah Jadi Kapolda di 4 Wilayah

Kamis, 07 September 2023 - 17:01 WIB
loading...
6 Purnawirawan Jenderal TNI-Polri yang Menjadi Pj Gubernur se-Indonesia, Nomor Terakhir Pernah Jadi Kapolda di 4 Wilayah
Mendagri Tito Karnavian melantik penjabat gubernur di Jakarta, Selasa (5/9/2023). Beberapa di antaranya berasal dari Purnawirawan TNI-Polri. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Ada sekitar enam nama purnawirawan jenderal TNI-Polri yang menjadi Penjabat (Pj) Gubernur se-Indonesia. Salah satunya pernah jadi Kapolda di empat wilayah berbeda.

Merujuk pada pengertiannya, Penjabat (Pj) Gubernur bertugas melaksanakan fungsi dan wewenang gubernur ketika terdapat kekosongan jabatan. Alasannya bisa terjadi karena gubernur terkait sudah habis masa jabatan dan lain sebagainya.



Saat ini, telah aktif menjabat sejumlah Pj Gubernur di seluruh wilayah Indonesia. Beberapa di antaranya diketahui sebagai purnawirawan jenderal TNI-Polri. Siapa sajakah mereka?

Purnawirawan Jenderal TNI-Polri yang Jadi Pj Gubernur se-Indonesia


1. Mayjen TNI (Purn) Hassanudin - Pj Gubernur Sumatera Utara


Mayor Jenderal TNI (Purn) Hassanudin merupakan salah seorang purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Sebelum pensiun, dia sempat menyemat jabatan Wakil Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat (Wairjenad) periode 2022-2023.

Hassanudin lahir di Palembang, Sumatera Selatan pada 7 September 1965. Dia diketahui sebagai jebolan Akademi Militer (Akmil) 1989.



Selama berkarier di militer, Hassanudin telah banyak mencicipi posisi strategis di TNI. Di antaranya seperti Asrena KSAD (2019-2020), Pangdam Iskandar Muda (2020), Pangdam I/Bukit Barisan (2020-2022), hingga Wairjenad (2022-2023).

Beberapa waktu lalu, Hassanudin ditunjuk untuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut). Dia dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk menggantikan posisi Edy Rahmayadi yang berakhir masa jabatannya pada 5 September 2023.

2. Irjen Pol (Purn) Sang Made Mahendra Jaya - Pj Gubernur Bali


Purnawirawan Polri ini ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Bali menggantikan I Wayan Koster. Dia dilantik langsung oleh Mendagri Tito Karnavian bersama Pj Gubernur lain beberapa waktu lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2449 seconds (0.1#10.140)