BMKG Sebut 32 Daerah Tidak Mengalami Hujan Terpanjang, Termasuk Jakarta

Kamis, 07 September 2023 - 07:14 WIB
loading...
BMKG Sebut 32 Daerah Tidak Mengalami Hujan Terpanjang, Termasuk Jakarta
Kemarau panjang melanda sejumlah daerah di Provinsi Jawa Barat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut sebanyak 32 daerah tidak mengalami hujan terpanjang lebih dari dua bulan, bahkan masuk kategori ekstrem. Dari 32 daerah tersebut termasuk di dalamnya DKI Jakarta.

“Sebanyak 32 daerah yang sudah lama tidak mengalami hujan hingga berada pada kategori panjang ekstrem tersebar di 8 provinsi,” ungkap BMKG, Kamis (7/9/2023).

Sementara itu, BMKG mengatakan saat ini sebanyak 79% dari jumlah ZOM (Zona Musim) yang ada di Indonesia memasuki musim kemarau. BMKG mengatakan wilayah yang sedang mengalami musim kemarau meliputi Aceh, Sumatera Utara, sebagian besar Riau, sebagian besar Sumatera Barat.



Termasuk sebagian besar Bengkulu, sebagian besar Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa hingga NTT. Kemudian, di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, sebagian besar Sulawesi Utara, Gorontalo.

Sulawesi Tengah bagian utara dan tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, sebagian Maluku Utara, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan Papua bagian selatan.

BMKG pun memberikan peringatan dini kekeringan meteorologis di beberapa kabupaten di Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan berpotensi mengalami kekeringan meteorologis pada klasifikasi awas untuk dua dasarian ke depan. “Hemat dan gunakan air secara bijak. Supaya dampak kekeringan akibat kemarau bisa kita hadapi bersama,” imbaunya.

Berikut 32 daerah di Indonesia yang mengalami hujan terpanjang:

NTT

- Sumba Timur (126 hari),
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)