Soal Usulan BNPT Tempat Ibadah Perlu Dikontrol, MUI: Akan Rusak dan Zalim

Selasa, 05 September 2023 - 18:41 WIB
loading...
Soal Usulan BNPT Tempat Ibadah Perlu Dikontrol, MUI: Akan Rusak dan Zalim
Ketua MUI Pusat Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis menilai usulan BNPT mengenai perlunya tempat ibadah dikontrol oleh pemerintah tidak tepat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis menilai usulan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengenai perlunya tempat ibadah dikontrol oleh pemerintah tidak tepat.

“Agama itu mitra negara, maka tdk tepat klo keagamaan mau dikontrol pemerintah. Malah pemerintahan harus dijiwai oleh nilai2 agama,” cuit Kiai Cholil melalui akun Twitter-nya @cholilnafis dikutip SINDOnews Selasa (5/9/2023).

Kiai Cholil menyarankan agar pembinaan terhadap rumah ibadah diserahkan kepada organisasi kemasyarakatan (Ormas). “Pemerintah yg mengontrol keagamaan akan rusak dan akan Zhalim. Rumah ibadah serahkan saja pembinaannya kpd ormas agama,” tulisnya.



Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Rycko Amelza Dahniel mengusulkan agar semua tempat ibadah dapat dikontrol oleh pemerintah. Hal ini sebagai respons atas pernyataan anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Safaruddin dalam rapat bersama Komisi III DPR, Senin, 4 September 2023 lalu yang menyebut ada beberapa masjid yang digunakan untuk mengkritik pemerintah.

"Mungkin dalam kesempatan yang baik ini kita perlu memiliki sebuah mekanisme untuk melakukan kontrol terhadap seluruh tempat ibadah. Bukan hanya masjid tapi semua tempat peribadatan kita,"ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)