Berkat Konsep Bergerak Bersama, Kota Semarang dalam Sepekan Raih 6 Penghargaan dan 1 Nominasi TPID Terbaik Nasional

Minggu, 03 September 2023 - 09:00 WIB
loading...
A A A
Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Daerah Jawa Tengah Kakak Ganjar Pranowo, bersama Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Kakak Siti Atiqoh Suprianti, pada upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah yang dilaksanakan di Objek Wisata Bukit Tangkeban, Pemalang.

Selain Wali Kota Semarang, turut hadir beberapa anggota pramuka yang menerima penghargaan mewakili Kota Semarang, di antaranya penghargaan Lencana Teladan, Juara Gugus Depan Mantap dan Juara Pramuka Peduli Award.

“Alhamdulillah Kota Semarang mendapat penghargaan Dharma Bakti di Hari Pramuka ke-62 ini.
Tentunya ini menjadi semangat, saya sebagai ketua Majelis Pembimbing (Kwartir Cabang) bisa menjadikan besar, semakin memberikan support kepada pramuka Kota Semarang. Dan tentunya semakin semangat dan gotong royong. Juga bisa membantu masyarakat Kota Semarang baik dari bedah rumah, kegiatan sosial, dan kegiatan lainnya. Selamat untuk Pramuka Kota Semarang,” ujar Mbak Ita.

Komitmen menjaga lingkungan berkat inovasi dari Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu, Pemkot Semarang meraih penghargaan Nirwasita Tantra kategori Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2023 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. Penghargaan diserahkan pada Selasa (2/8/2023) di Jakarta.

Pemkot Semarang dinilai inovatif dalam memperbaiki kualitas lingkungan hidup. Termasuk menyikapi isu-isu lingkungan hidup. Nirwasita Tantra sebagai bentuk Green Leadership merupakan penghargaan pemerintah untuk keberhasilan dalam kepemimpinannya yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan program kerja sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

"Green Leadership merupakan kepemimpinan dengan perspektif lingkungan dengan ciri-ciri pokok yaitu semangat, proaktif, penuh inisiatif dan kreatif terhadap kepentingan orang banyak dan alam semesta," ujar Menteri Siti usai memberikan penghargaan.

Menteri Siti menuturkan, sesuai Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah, peraih penghargaan Nirwasita Tantra akan dilaporkan kepada Kementerian Keuangan sebagai pertimbangan untuk pengalokasian dana insentif daerah dari bidang kinerja pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan. Artinya dukungan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan dapat berjalan harmonis antara pemerintah pusat dalam hal ini KLHK dengan pemerintah daerah.

Kota Semarang kembali mengukir capaian positif dalam menekan angka inflasi. Berdasar berita resmi statistik mengenai perkembangan indeks harga konsumen/inflasi Juni 2023 yang dikeluarkan oleh BPS Kota Semarang, tercatat inflasi Kota Semarang berada di angka 2,95 secara year to year. Sedangkan untuk month per month sebesar 0,02 dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 114,24.

Capaian tersebut menjadikan Semarang sebagai peringkat satu kota dengan inflasi terendah pada hari besar keagamaan Idul Adha. Angka inflasi tersebut bahkan di bawah DKI Jakarta dan nasional. Keberhasilan Pemkot Semarang dalam menekan inflasi berkat inovasi yang dilakukan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Inovasi tersebut di antaranya melalui program Pak Rahman (Pasar Mudah Sehat dan Aman) dan menggencarkan urban farming. Tingkat inflasi tahun ke tahun (Juni 2023 terhadap Juni 2022) inflasi di angka 2,95 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2413 seconds (0.1#10.140)