Polri Terima Puluhan Laporan Kasus Penculikan

Rabu, 22 Maret 2017 - 19:01 WIB
Polri Terima Puluhan Laporan Kasus Penculikan
Polri Terima Puluhan Laporan Kasus Penculikan
A A A
JAKARTA - Mabes Polri mengimbau masyarakat mewaspadai kejahatan penculikan yang belakangan ini marak terjadi. Sepanjang Januari-Maret 2017, Polri telah menerima 30 laporan kasus penculikan.

Laporan tersebut diterima Polri dari seluruh wilayah di Indonesia. "Rata-rata sebulan ada dua atau tiga peristiwa (penculikan). Di seluruh Indonesia hampir 30-an laporan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompul di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (22/3/2017).

Martinus mengatakan, semua wilayah di Indonesia rawan penculikan. Umumnya motif penculikan dilakukan untuk mendapatkan uang tebusan.

Untuk itu, kata dia, Polri mengimbau orangtua agar lebih ketat mengawasi aktivitas anak di luar rumah. (Baca Juga: Siswa SD di Depok Ini Sudah Enam Kali Nyaris Diculik)

Kendati demikian, Mabes Polri mengimbau masyarakat untuk tidak main hakim sendiri terhadap orang yang dicurigai sebagai penculik.

Martinus mengatakan itu menyikapi kasus pengeroyokan terhadap orang yang memiliki gangguan jiwa, gelandangan, pengemis yang terjadi di sejumlah daerah.

Pengeroyokan dipicu informasi yang berasal dari pesan berantai melalui media sosial yang menyebutkan penculik menyamar menjadi orang gila.

"Masyarakat harus bijak menggunakan media sosial, serta cerdas memposting agar terbebas dari tindakan melawan hukum," ucap Martinus. (Baca Juga: Seorang Nenak Ditangkap Warga karena Disangka Menculik Anak)
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6975 seconds (0.1#10.140)