Deradikalisasi, Mantan Teroris Perlu Dibekali Keterampilan Mandiri

Senin, 20 Maret 2017 - 22:11 WIB
Deradikalisasi, Mantan Teroris Perlu Dibekali Keterampilan Mandiri
Deradikalisasi, Mantan Teroris Perlu Dibekali Keterampilan Mandiri
A A A
JAKARTA - Mantan pelaku aksi terorisme setelah menjalani hukuman pasti butuh pekerjaan agar mereka tidak kembali ke jalan salah. Maka itu mereka harus dilatih keterampilan mandiri.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebagai koordinator penanggulangan terorisme di Indonesia bisa bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain untuk melatih para mantan teroris. BNPT bisa bekerja sama dengan dinas sosial, pemerintah provinsi, kota/kabupaten di mana mantan teroris itu berada, untuk memantau dan terus mengarahkan mereka.

"Langkah ini harus cepat. Hari itu mereka dibebaskan, maka hari itu juga sudah mulai diperhatikan," ujar mantan teroris Khairul Ghazali, Senin (20/3/2017).

Dia mengapresiasi langkah Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius dengan program deradikalisasi dari hulu ke hilir. Menurutnya, apa yg dilakukan kepala BNPT
sudah tepat. (Baca: Kabareskrim Sebut Deradikalisasi Langkah Strategis Cegah Terorisme)

"Setelah ke luar dari penjara mereka jangan distigmakan atau dikucilkan, juga keluarga dan anak-anaknya harus dibantu ekonominya. Setelah itu baru pelan-pelan kita ubah ideologinya," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6621 seconds (0.1#10.140)