Mahasiswa Harus Jadi Pemilih Rasional di Pemilu 2024

Rabu, 30 Agustus 2023 - 21:03 WIB
loading...
Mahasiswa Harus Jadi Pemilih Rasional di Pemilu 2024
Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) Dr Anter Venus MA.Comm memberikan sambutan Dialog Pemilu bertema Peran Penting Pemilih Pemula Untuk Mewujudkan Pemilu Bermartabat. Foto/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Kalangan mahasiswa harus menjadi pemilih rasional dalam Pemilu 2024 . Pesan tersebut disampaikan Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) Dr Anter Venus MA.Comm.

Menurut Anter, Dialog Pemilu bertema "Peran Penting Pemilih Pemula untuk Mewujudkan Pemilu Bermartabat" yang digelar SINDOnews.com bekerja sama dengan UPNVJ merupakan bagian dari upaya mencerdaskan para calon pemilih dari kalangan mahasiswa.

"Jadi, acara dialog hari ini betul-betul ya memberikan fondasi, memberikan peneguhan bahwa mahasiswa memang harus terlibat, oke. Dalam pemilu mereka menjadi pemilih yang rasional yang bertanggung jawab, yang jumlah mereka sangat besar dan tentunya akan sangat berpengaruh pada hasil pemilu ke depan," ujarnya dalam acara yang digelar di Aula Bhineka Tunggal Ika UPNVJ, Jakarta Selatan, Rabu (30/8/2023).

Dalam acara yang dihadiri sekurar 200 mahasiswa secara offline maupun online tersebut, dia berharap mahasiswa bisa terlibat untuk menghasilkan Pemilu 2024 yang bermartabat dan menghasilkan pemimpin yang mampu membawa Indonesia lebih maju.

Mahasiswa Harus Jadi Pemilih Rasional di Pemilu 2024

"Saya ingin mereka semuanya terlibat, jadi mereka terlibat kemudian yang kedua sekali lagi mereka harus jadi pemilih yang rasional, pemilih yang berdasarkan putusannya pada tadi data, fakta, capaian termasuk eksplorasi-eksplorasi informasi lainnya terkait objek yang kita pilih, apakah itu partai atau personalnya," jelasnya.

Diketahui, SINDOnews.com kembali menggelar Dialog Pemilu bertema Peran Penting Pemilih Pemula Untuk Mewujudkan Pemilu Bermartabat. Dialog ini berlangsung di Aula Bhineka Tunggal Ika Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Acara yang diikuti oleh para mahasiswa ini menghadirkan narasumber yakni Dosen Ilmu Politik FISIP UPN ‘Veteran’ Jakarta Fajar Nur Sahid, anggota Bawaslu Lolly Suhenty, anggota KPU August Mellaz, dan Wakil Pemimpin Redaksi Sindonews.com, Puguh Hariyanto. Acara yang dimoderatori Dosen Ilmu Politik FISIP UPN Veteran Jakarta Willy Purna Samadhi juga diisi dengan pengenalan mengenai Kanal Election Center yang ada di SINDOnews.com.

Pemimpin Redaksi (Pemred) SINDOnews.com Pung Purwanto mengatakan, Dialog Pemilu yang diselenggarakan ini sangat relevan mengingat Pemilu 2024.
Mahasiswa Harus Jadi Pemilih Rasional di Pemilu 2024

"Jadi karna kita mendekati Pemilu pasti kita temanya lebih tepat menggunakan tema Dialog Pemilu. Tentu ini juga relevan dengan perkembangan sekarang, apalagi yang kita tahu bahwa Pemilu 2024 itu semakin dekat, dan tentu kita berharap pemilu itu berjalan dengan baik, bermartabat," ujarnya.



Pung mengungkapkan, berdasarkan data yang dirilis oleh KPU bahwa peran pemilih pemula menjadi sentral. Diketahui, berdasarkan data KPU, jumlah pemilih pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 orang. Dari jumlah tersebut, pemilih yang masuk kategori milenial sebanyak 68.822.389 orang atau 33,06 persen. Generasi milenial adalah mereka yang berusia 27-42 tahun. Sementara, pemilih dari kalangan Gen Z (14-26 tahun) sebanyak 46.800.161 orang.

"Jadi kita berharap adik-adik semua menggunakan kesempatan untuk menjadi pemilih pemula dengan harapan bisa menciptakan pemilih itu sangat bermartabat, menghasilkan para pemimpin yang mampu membawa indonesia lebih maju lagi," ucapnya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlihat acara ini, yakni pihak UPN Veteran Jakarta, KPU, Bawaslu, dan mahasiswa.

"Kita atas nama SINDOnews.com mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari UPN Veteran Jakarta dari para pembicara dari Bawaslu, KPU, dari mahasiswa sehingga hari ini kita bisa melaksanakan acara yang namanya disebut Sindo Goes to Campus," jelasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)